OIKN: Sudah Ada 19 Negara Minat Investasi Bangun IKN

Lavinda
Oleh Lavinda
2 Agustus 2023, 13:23
IKN
Zahwa Madjid/Katadata
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur, Jumat (28/7).

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan terdapat sekitar 19 negara yang tertarik untuk berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, per Juni 2023.

"Per Juni 2023, ketertarikan perusahaan atau investor untuk berpartisipasi di IKN sudah datang dari sekitar 19 negara dengan total kurang lebih 256 perusahaan asing, seperti Amerika Serikat, Jepang, Singapura, Eropa dan banyak negara lainnya," ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Mohammed Ali Berawi seperti dikutip Antara, Selasa (2/8).

OIKN mengklasifikasikan minat negara calon investor berdasarkan sektor usaha. Misalnya, untuk teknologi ada sekitar 25 perusahaan global, kemudian ada 55 perusahaan asing tertarik pada pembangunan infrastruktur. Sementara itu, untuk energi baru terbarukan ada 29 perusahaan nasional dan internasional yang tertarik berpartisipasi.

Dia menyatakan antusiasme investor untuk membangun IKN menjadi indikasi positif terciptanya kota modern demi menjadi lompatan bagi peradaban manusia.

"Hal ini menarik semua partisipasi dari berbagai negara. Tentunya akan menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan, tidak hanya bagi investor, tetapi juga bagi pemerintah sebagai penyedia proyek. Secara bersamaan tidak memberatkan masyarakat untuk mengakses layanan dari proyek-proyek tersebut," kata Ali.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2022 Tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara, skema investasi dan pendanaan IKN bersumber dari APBN, kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), kerja sama investasi dengan badan usaha, dukungan pendanaan internasional, dan pembiayaan kreatif.

Skema pendanaan tersebut ditujukan untuk menjaga fiskal dan penggunaan skema-skema pendanaan yang kreatif dan inovatif dengan tetap menjaga akuntabilitas.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...