Ridwan Kamil Ajukan 3 Proyek Transportasi Cekungan Bandung ke Jokowi

Andi M. Arief
3 Agustus 2023, 15:11
ridwan kamil, jokowi, bandung
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/nym.
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (dua kiri) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tiga kiri) saat meninjau Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajukan rencana pembangunan transportasi massal di wilayah Bandung Raya ke Presiden Joko Widodo. Ada tiga proyek yang diajukan ke Jokowi untuk dibiayai bersama pusat.

Pengajuan ini karena anggaran pemerintah daerah tidak mampu membiayai proyek transportasi massal. Menurut Ridwan, dana yang dibutuhkan untuk meningkatkan penggunaan transportasi publik di Kota Kembang dan sekitarnya lebih dari Rp 100 triliun.

"Per hari ini hanya 13% warga cekungan Bandung yang naik transportasi massal. Akan dinaikkan ke 50%, biayanya tidak murah tapi harus dilakukan," kata Kang Emil di Istana Kepresidenan, Kamis (3/8).

Proyek pertama adalah kereta api pada daerah dengan topografi datar. Ridwan Kamil mengatakan trayek kereta api tersebut akan dibagi menjadi dua, yakni barat-timur dan utara-selatan.

Ia menilai rencana tersebut menjadi rencana yang paling mungkin untuk dijalankan. Pasalnya, pemerintah tidak perlu melakukan pembebasan tanah lantaran menggunakan jalur kereta warisan zaman kolonial Belanda.

Ridwan menjelaskan jalur kereta tersebut kini hanya digunakan sebagai moda transportasi antar provinsi. Selain untuk jalur kereta, kereta tersebut akan terintegrasi dengan LRT.

Kedua, kereta gantung yang akan dibangun pada topografi yang curam. Kang Emil menjelaskan moda transportasi tersebut efektif di daerah Cekungan Bandung mengingat topografinya yang berbukit.

Trayek awal yang disiapkan oleh Kang Emil akan menghubungkan Terminal Dago dan daerah Ledeng. Ia menghitung biaya pembangunan kereta gantung mencapai Rp 100 miliar sampai Rp 200 miliar per kilometer pada 2017.

Ridwan telah menyiapkan pembangunan kereta gantung untuk melayani lima koridor dengan total panjang hampir 30 kilometer. Artinya, total biaya konstruksi kereta gantung tersebut mencapai Rp 6 triliun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...