Otorita IKN Jalin Kerja Sama dengan Lima Perguruan Tinggi

Image title
5 Agustus 2023, 18:35
Otorita IKN, IKN
ANTARA
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono membuka Diskusi Langkah Aksi Otorita IKN dan perguruan tinggi di Samboja Lodge, Jumat (4/8)

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menandatangai nota kesepahaman dengan rektor lima perguruan tinggi terkait kerja sama pendidikan, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat.

Kelima perguruan tinggi tersebut, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Bandung.

"Hari ini kita mencoba untuk menghidupkan roh IKN di bidang sains atau akademik karena selama ini hanya pembangunan infrastruktur yang diberitakan," ujar Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dalam keterangan resmi, Jumat (4/8).

Nota Kesepahaman tersebut merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Otorita IKN dengan Universitas Mulawarman di bidang kerja sama pembangunan IKN dan daerah penyangganya, yang ditandatangani pada Maret 2023.

Pada sesi diskusi, Kepala OIKN bersama para rektor membahas langkah aksi mewujudkan IKN sebagai kota hutan berkelanjutan dengan melaksanakan konsorsium.

Menurut Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Myrna A. Safitri, Kabupaten Penajam Paser Utara, yang merupakan lokasi IKN dibangun, sebelumnya merupakan salah satu daerah yang kurang dilirik dalam penelitian. Ia berharap konsorsium yang nanti akan dilakukan dapat membantu memperjuangkan kedaulatan pengetahuan, terutama di daerah Penajam Paser Utara sebagai bagian dari kawasan IKN.

Menanggapi hasil diskusi, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi menjelaskan, bahwa untuk mendukung riset di IKN, sudah dibentuk research area berupa "Program Riset Nusantara" yang meliputi empat klaster.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...