Top News: JPO Penghubung JIS ke Ancol, Harga Pangan Dunia Naik

Aryo Widhy Wicaksono
7 Agustus 2023, 05:50
Foto udara umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (2/5/2022).
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Foto udara umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (2/5/2022).

Pemerintah telah memutuskan untuk merenovasi Jakarta International Stadium (JIS), agar memenuhi standar Induk Organisasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sebagai salah satu stadion untuk menyelenggarakan Piala Dunia U17.

Sebagai bagian dari rencana tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimoeljono, menyatakan pihaknya akan membangun jembatan penyeberangan orang (JPO), sebagai akses penghubung JIS dengan kawasan Ancol.

Berita mengenai pembangunan akses penghubung antara JIS dengan Ancol menjadi artikel terpopuler pada akhir pekan ini. Selain itu, simak juga artikel mengenai 10 saham yang paling diburu dan dijual investor asing, serta harga pangan yang meroket.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. PUPR Bangun Akses Penghubung JIS dan Ancol, Ini Gambarannya

Kementerian PUPR akan segera membangun JPO sebagai akses penghubung JIS dengan kawasan Ancol.

"Kami sudah menyiapkan yang di luar, yang jembatan penyeberangan ke Ancol itu kami sudah penyelidikan tanahnya sudah, desainnya sudah," beber Basuki usai menghadiri acara Pergelaran Angklung Terbesar Di Dunia, di Stadion Itama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (5/8) malam.

JIS diajukan sebagai salah satu stadion untuk digunakan dalam penyelenggaraan Piala Dunia U17. Namun, Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono, mengatakan pihaknya belum dapat memastikan apakah JIS akan digunakan dalam Piala Dunia U-17 atau tidak.

"Yang jelas tugas saya di PU membuat jembatan itu. Itu dipakai atau enggak oleh U-17 kami bikin," jelasnya.

Panjang JPO penghubung Ancol-JIS diproyeksikan mencapai 400 meter dengan lebar 5 meter. Waktu pengerjaan jembatan diperkirakan lebih dari dua bulan.

Simak penjelasan Menteri Basuki mengenai JPO akses penghubung JIS dan Ancol.

2. 10 Saham yang Ramai Dibeli dan Dijual Investor Asing Sepekan Ini

Sepekan perdagangan di awal Agustus, laju bursa saham domestik lebih banyak berakhir di teritori negatif. Dari lima hari perdagangan, hanya dua hari Indeks Harga Saham Gabungan ditutup di zona hijau.

Alhasil, selama periode perdagangan 31 Juli sampai dengan 4 Agustus 2023 IHSG turun 0,69% ke posisi 6.852,84 dibanding pekan sebelumnya di level 6.900,23 poin.

Kapitalisasi pasar IHSG ikut terpangkas 0,55% menjadi Rp9.967 triliun dari Rp 10.022 triliun pada pekan sebelumnya. Imbal hasil IHSG sejak awal tahun tercatat sebesar 0,03%, sedikit lebih rendah dari LQ45 yang sebesar 2,33% dan IDXBUMN 20 yang memberi imbal hasil 1,38% sejak awal tahun.

Investor asing pada perdagangan Jumat kemarin (5/8) mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp469,08 miliar dan sepanjang tahun 2023 investor asing mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp 23,359 triliun.

Saham Astra International berada di urutan teratas sebagai saham yang paling banyak dibeli pelaku pasar asing sepekan terakhir. Sedangkan, saham Bank Negara Indonesia menjadi saham yang paling banyak dilepas asing.

Ketahui 10 saham yang paling ramai dibeli dan dijual investor asing.

3. Harga Pangan Dunia Naik Lagi Dipicu Kebijakan Rusia

Indeks Harga Pangan yang dirilis Food and Agriculture Organization atau FAO tercatat rata-rata 123,9 poin pada Juli 2023. Angka tersebut naik 1,5 poin atau 1,3 persen dari Juni 2023, tetapi turun 16,6 poin atau 11,8 persen dibandingkan Juli 2022.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...