Setelah G20, Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah World Water Forum ke-10

Tia Dwitiani Komalasari
10 Agustus 2023, 09:10
Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi Kementerian PUPR, Dadang Rukmana, dalam media briefing Wordl Water Forum, Rabu (9/8).
Kemenko Marves
Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi Kementerian PUPR, Dadang Rukmana, dalam media briefing Wordl Water Forum, Rabu (9/8).

Indonesia akan menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan digelar di Bali pada Mei 2024. Sebelumnya, Indonesia telah sukses menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama G20,

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan bahwa forum ini sangat penting untuk hidup masyarakat dunia. Dia berharap, forum ini bisa berjalan sukses seperti G20. Adapun tema yang digaungkan adalah Water for Shared Prosperity.

“Kita mau forum ini berjalan seperti G20, sehingga anggota forum dapat merumuskan langkah konkrit atas program dan isu-isu yang dibahas. Harapannya ini akan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat dunia,” tutur Luhut dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (10/8).

Sebagai informasi, WWF diadakan setiap tiga tahun sekali dengan tujuan membahas dan mempromosikan isu-isu terkait air secara global. Forum ini menjadi tempat bertemunya berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, organisasi non-pemerintah, ilmuwan, praktisi, dan perwakilan masyarakat sipil, untuk berdiskusi, berbagi pengetahuan, dan mencari solusi terkait masalah air.

Dihadiri Perwakilan 172 Negara

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi Kementerian PUPR, Dadang Rukmana, mengatakan Indonesia menjadi tuan rumah WWF ke-10 setelah dipilih oleh World Water Council pada agenda World Water Forum ke 9 di Dakar.

"Kita dipilih World Water Forum ke 10 yang nantinya akan diselenggaran di BNDCC Bali pada tanggal 18-24 Mei 2024,” ujar Dadang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...