Peneliti BRIN: Survei Politik Boleh Salah Tapi Tak Boleh Bohong

Ira Guslina Sufa
11 Agustus 2023, 06:05
Mengisi Survei Online
Arsyafinproduction.co.id
Mengisi Survei Online

Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro menyatakan bahwa semua survei harus taat pada prinsip dasar dan metodologi dalam prosesnya. Hal itu disampaikan Siti dalam Bincang Politik Nasional dan Rilis Hasil Survei Opini Publik Jawa Timur yang digelar Laboratorium Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

"Survei politik boleh saja salah, namun sama sekali tidak boleh bohong," ujar Siti seperti dikutip dari Antara, Jumat (11/8). 

Ia mengatakan saat ini sering menemukan praktik tidak transparan dari lembaga survei mengenai sumber pendanaan survei. Padahal menurut Siti hal itu merupakan bagian dari transparansi dan mempengaruhi tingkat keterpercayaan publik. 

Saat ini sejumlah lembaga survei mulai sering merilis temuan survei berkaitan dengan elektabilitas partai politik serta calon presiden dan wakil presiden. Tidak hanya lembaga survei yang telah berpengalaman pada pemilu sebelumnya, juga ada beberapa lembaga survei baru yang muncul. 

Sementara itu, pengamat politik UMM Asep Nurjaman mengatakan metode survei dengan menggunakan sampling sudah mulai ditinggalkan. Ia menyebut saat ini banyak lembaga survei dunia yang beralih pada penggunaan AI serta big data.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...