PAN dan Golkar Dukung Prabowo, Zulkifli Hasan Pastikan KIB Sudah Bubar

Andi M. Arief
14 Agustus 2023, 20:26
KIB
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) memberikan keterangan pers bersama Plt Ketua Umum PPP Mardiono (kiri), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan), Bendahara Umum Partai Golkar Dito Ganinduto (kedua kiri) dan Wakil Ketua Umum PAN Asman Abnur (kedua kanan) pada pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB otomatis sudah bubar. Pasalnya, Zulkifli menjelaskan sebagian anggota KIB kini telah bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR.

Zulkifli menjelaskan pembubaran KIB telah melalui diskusi panjang bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Menurutnya, beberapa dasar pertimbangan dalam diskusi tersebut adalah perkembangan survei politik terakhir.

"KIB sudah tidak ada, sekarang gabung pakai nama baru dengan koalisinya PAN dan PKB," kata Zulkifli di Istana Kepresidenan, Senin (11/8).

Seperti diketahui, partai politik anggota KIB adalah Partai Golkar, PAN, dan PPP. Hari Minggu kemarin (13/8), Partai Golkar dan PAN telah mendeklarasikan dukungannya kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024, sedangkan PPP mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Pesta Demokrasi tahun depan.

Prabowo diusung Partai Gerindra sebagai capres pada Pilpres 2024. Partai politik yang mendukung Prabowo dalam Pilpres tahun depan kini tergabung dalam KKIR, yakni PBB, PKB, Partai Golkar, dan PAN.

Sedangkan, Ganjar didukung oleh PDIP sebagai calon pengganti Presiden Joko Widodo pada periode 2024-2029. Sejauh ini, Ganjar mendapat dukungan dari sejumlah partai politik, seperti PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...