Sidang Tahunan MPR, Ma’ruf Amin Kenakan Pakaian Demang Khas Betawi

Muhamad Fajar Riyandanu
16 Agustus 2023, 09:28
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) mengenakan pakaian adat Betawi didampingi Ibu Wury Estu Handayani tiba di lokasi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Spt.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) mengenakan pakaian adat Betawi didampingi Ibu Wury Estu Handayani tiba di lokasi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Wakil Presiden Ma'fur Amin mengenakan pakaian Demang khas adat Betawi, DKI Jakarta saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara Jakarta pada Rabu (16/8). Ma'ruf memasuki Gedung Nusantara sekira pukul 08.30. 

Wapres datang dengan didampingi istrinya Wury Estu Handayani alias Wury Ma'ruf Amin. Ma'ruf mengenakan pakaian atas berupa setelan pakaian Demang berwarna hitam dipadu dengan kain bertumpal berwarna merah. Ma’ruf juga mengenakan hiasan rantai di dada menemani lambang kepresidenan serta memakai peci hitam. 

Sementara itu, Wury Ma'ruf mengenakan kebaya nasional berwarna coklat dipadukan dengan selendang berwarna senada dan songket Bali bernuansa gelap. Adapun pada tahun sebelumnya, Ma'ruf mengenakan busana adat Solo, Jawa Tengah.

Di lobi utama, Wapres disambut di oleh oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti. Ma’ruf selanjutnya menuju ruang tunggu utama dan menanti kedatangan Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo. 

Dalam sidang ini Wapres akan turut mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Usai menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD ini, Wapres juga akan menghadiri Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2023 – 2024 sekira pukul 13.30 di tempat yang sama. 

Dilanjutkan dengan mendengarkan Pidato Presiden dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangannya.

Selain Pimpinan dan Anggota MPR, DPR, dan DPD, tampak hadir pula para Mantan Presiden dan Wakil Presiden, para Kepala Lembaga Negara, para Duta Besar Negara Sahabat, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Mantan Pimpinan MPR/DPR/DPD, serta tamu undangan lainnya.

Sidang tahunan tersebut rencananya akan dihadiri oleh 1.549 undangan. Selain Presiden dan Wakil Presiden, acara tersebut juga bakal dihadiri oleh mantan presiden dan mantan wakil presiden hingga mantan ketua MPR/DPR dan DPD.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...