Jokowi Sebut RI Dapat Kepercayaan Internasional Berkat G20 dan ASEAN

Andi M. Arief
16 Agustus 2023, 12:31
jokowi, gimik, g20
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt.
Presiden Joko Widodo mengepalkan tangan saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia kini memiliki kepercayaan internasional yang tinggi. Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh kontribusi negara di beberapa ajang internasional.

Kontribusi internasional yang dimaksud adalah Presidensi Indonesia di G20 pada tahun lalu dan Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini. Menurutnya, kedua ajang tersebut telah mendongkrak dan menempatkan Indonesia dalam peta percaturan dunia.

"Internasional trust yang dimiliki Indonesia saat ini dibangun bukan sekedar melalui gimik dan retorika," kata Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR 2023, Rabu (16/8).

Oleh karena itu, Jokowi menilai  Indonesia dapat menjadi titik temu penyelesaian permasalahan yang dialami negara-negara anggota ASEAN. Menurutnya, hal tersebut berakar dari konsistensi negara dalam menjunjung HAM, kemanusiaan, dan kesetaraan.

"Indonesia dengan Pancasila-nya, keberagamannya, prinsip demokrasinya mampu menghadirkan ruang dialog, mampu menjadi titik temu dan menjembatani perbedaan," kata Jokowi 

Jokowi mengutip data think tank dari Australia, Australia Lowy Institute, terkait tingkat kepercayaan Indonesia di dunia internasional. Jokowi mencatat pengaruh diplomasi Indonesia meningkat tajam di Asia.

Selain itu, Indonesia telah menjadi negara dengan kekuatan menengah di Asia. Alhasil, Indonesia menjadi salah satu dari enam negara yang mengalami kenaikan kekuatan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...