Upacara HUT RI Ke-78 Di Istana Rampung, Diakhiri Kirab Budaya ke Monas

Ameidyo Daud Nasution
17 Agustus 2023, 19:11
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kedua kanan) memberikan hormat saat upacara Penurunan Bendera HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka,Jakarta, Kamis (17/8/2023). HUT ke-78 RI mengusung tema Terus Melaju Untu
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kedua kanan) memberikan hormat saat upacara Penurunan Bendera HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka,Jakarta, Kamis (17/8/2023). HUT ke-78 RI mengusung tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8) telah selesai digelar. Duplikat Sang Saka Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan dikembalikan dari Istana Kepresidenan ke Monumen Nasional (Monas) lewat kirab budaya.

Dikutip dari Antara, duplikat Merah Putih dan Naskah Proklamasi dibawah oleh dua Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Keduanya adalah Faradita Dwi Safitri selaku perwakilan Riau dan I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi selaku perwakilan Jawa Tengah.

Keduanya menuju Monas dengan menggunakan Kereta Kencana Ki Jaga Rasa dan dikawal 15 ekor kuda. Ada enam ekor kuda putih yang menarik kereta tersebut, namanya Gunung Kondo, Gunung Sinabung, Bunga Akasia, Bunga Seruni, Bunga Zinia, dan Bunga Victoria.

Adapun, upacara Penurunan Merah Putih dimulai pukul 16.40 WIB. Prosesi diawali laporan Pemimpin Upacara Kombes Pol. Victor Dean Mackbon kepada Presiden Joko Widodo.

Dua Anggota Paskibraka membawa Bendera Merah Putih dan duplikat Teks Proklamasi dari Istana Merdeka ke Monas, Jakarta, Kamis (17/8). Foto: Youtube/Sek
Dua Anggota Paskibraka membawa Bendera Merah Putih dan duplikat Teks Proklamasi dari Istana Merdeka ke Monas, Jakarta, Kamis (17/8). Foto: Youtube/Sek (Youtube/Sekretariat Presiden)

Acara lalu dilanjutkan dengan menurunkan Bendera Merah Putih oleh 76 anggota Paskibraka. Anggota yang membawa baki bendera adalah Keyla Azzahrah. Sedangkan penarik turun bendera adalah Frans Timothy Prawira Siallagan dari Lampung dan Made Guruh Anggara Putra dari Bali.

Sejumlah pejabat dan tokoh juga terlihat menghadiri Upacara Penurunan Bendera. Mereka antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sedangkan Jokowi memberikan pesan di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia Ke-78. Jokowi mengatakan RI sudah mampu melalui banyak tantangan dan cobaan. Jokowi mengatakan seluruh cobaan mampu dihadapi karena semangat gotong royong yang menjadi sifat dasar bangsa ini. 

Jokowi mengatakan Indonesia masih menghadapi tantangan baru di tengah persaingan global yang sengit. Belum lagi, tahun 2030 nanti RI akan masuk fase bonus demografi.

"Ketika lebih dari separuh jumlah penduduk Indonesia berada pada usia produktif," kata Jokowi dalam akun Instagramnya.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...