Tekan Polusi Udara, Separuh ASN DKI Jakarta WFH Mulai 21 Agustus

Ameidyo Daud Nasution
17 Agustus 2023, 20:45
jakarta, polusi, asn, wfh
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Lanskap gedung perkotaan diselimuti kabut polusi udara di Jakarta, Selasa (15/8). Berdasarkan data pada situs IQAir pada Selasa (15/8) pukul 08.00 pagi WIB, kualitas udara di Jakarta mencapai 174 AQI (Indeks Kualitas Udara).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memulai uji coba kebijakan bekerja dari rumah (WFH) pada Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai Senin (21/8). Rencananya, akan ada 50% ASN yang menjalani WFH selama tiga bulan mendatang. 

Uji coba ini dijalankan untuk memberikan kenyamanan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. Selain itu WFH diberlakukan untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara.

"Khusus pegawai yang tidak bersentuhan (dengan layanan) langsung, kami coba," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Kamis (17/8) dikutip dari Antara.

Kebijakan ini akan diberlakukan hingga 21 Oktober 2023. Sekretaris Daerah DKI Jakarta Joko Agus Setyono berharap pelaksanaan sistem kerja hybrid ini mampu mengurangi polusi.

Meski demikian, Joko belum bisa memastikan apakah WFH ini akan dilanjutkan usai tiga bulan berjalan. Pihaknya akan melihat efektivitas program tersebut dalam menekan polusi udara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...