Jokowi Tunjuk Tito Jadi Menlu Ad Interim Gantikan Retno Marsudi

Ira Guslina Sufa
19 Agustus 2023, 08:22
Jokowi tunjuk Mendagri jadi Menlu Ad interim
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi II DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian sebagai Menteri Luar Negeri Ad Interim menggantikan sementara Menlu Retno Marsudi. Penunjukan ini berdasarkan Surat Nomor B-793/M/D-3/AN.00.03/08/2023 yang ditandatangani Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada 18 Agustus 2023.

“Dengan hormat kami beritahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Dalam Negeri sebagai Menteri Luar Negeri Ad Interim,” tulis Pratikno dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Sabtu (19/8).

Penunjukan  Tito sebagai menteri luar negeri sementara berkaitan dengan izin yang diajukan oleh Menlu Retno Marsudi. Dalam suratnya menteri Retno menyatakan akan melakukan perjalanan ke beberapa negara. 

Adapun negara-negara yang akan dikunjungi Menteri Retno dalam lawatan kali ini adalah Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan. Perjalanan dinas tersebut berlangsung mulai tanggal 18 hingga 25 Agustus 2023.

Kunjungan Menlu Retno ke beberapa negara di Afrika bersamaan dengan pelaksanaan pertemuan negara-negara yang bergabung dengan aliansi perdagangan BRICS, yang terdiri atas Brazil, Rusia, India, China, Afrika Selatan. Pertemuan BRICS rencananya digelar pada 22-24 Agustus di Johannesburg Afrika Selatan. 

Surat kabar India belum lama ini melaporkan bahwa pada KTT BRICS nanti, ada lima negara yang bakal diterima menjadi anggota baru organisasi tersebut. Kelimanya adalah Argentina, Mesir, Indonesia, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

Presiden Joko Widodo pada 7 Agustus lalu menyatakan pihaknya akan memutuskan kemungkinan Indonesia bergabung dengan kelompok ekonomi negara-negara berkembang itu.

Adapun Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebelumnya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo berencana mengunjungi Afrika Selatan dalam waktu dekat ini. Meski begitu ia enggan memastikan apakah kunjungan Jokowi itu dilakukan guna menghadiri KTT BRICS.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...