Teka Teki Jokowi: Jauh di Mata - Dekat di Hati, Masih Jadi Misteri

Yuliawati
Oleh Yuliawati
19 Agustus 2023, 18:08
Presiden Joko Widodo dengan penggiat seni menggunakan LRT dalam perjalanan dari Stasiun Jati Mulya Bekasi menuju Stasiun Dukuh Atas Jakarta pada Kamis pagi, 10 Agustus 2023.
Biro Pers Sekretariat Presiden / Laily Rachev
Presiden Joko Widodo dengan penggiat seni menggunakan LRT dalam perjalanan dari Stasiun Jati Mulya Bekasi menuju Stasiun Dukuh Atas Jakarta pada Kamis pagi, 10 Agustus 2023.

Presiden Joko Widodo melontarkan teka teki yang sama di dua acara berbeda. Namun, para peserta di dua acara itu yakni Muktamar Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Pengukuhan pengurus DPP Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia ( GAMKI), tak ada yang mampu menjawabnya.

Jokowi melontarkan pertanyaan yang sama: "jauh di mata, dekat di hati, apakah itu?" Jokowi akan menghadiahi sepeda bila ada yang berhasil menjawab dengan benar,. 

Pertanyaan itu dilontarkan pertama kali saat Jokowi membuka Muktamar IPM di Medan, Sabtu (19/8). Awalnya Presiden mempersilakan dua orang pelajar untuk maju menjawab, masing-masing seorang laki-laki dan perempuan.

Pertama, seorang pelajar laki-laki menjawab, “yang saya tahu, yang jauh di mata dekat di hati itu Allah SWT dan bagi saya Presiden yang jauh di mata hari ini dekat di rakyat, itu Presiden Joko Widodo yang keren sekali, luar biasa terima kasih Bapak.”

Presiden lalu mempersilakan pelajar kedua, seorang perempuan, untuk menjawab. Pelajar itu mengatakan hal yang mirip.

Mendengar dua jawaban itu Presiden menyampaikan bahwa kedua jawaban itu ada benarnya, tapi bukan itu yang ia maksud.

Ia lalu mempersilakan seorang pelajar lagi untuk maju menjawab. Kali ini seorang pelajar laki-laki maju ke depan.

“Ini bukan hal yang serius ini, jauh di mata dekat di hati, apakah itu?” tanya Jokowi kepada pelajar ketiga yang maju itu.

“Yang jauh di mata dekat di hati, itu Pak, itu kerinduan Pak,” kata pelajar ketiga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...