Survei Kurious: Ganjar Dipersepsikan Fokus Isu Kemiskinan dan Harga

Ameidyo Daud Nasution
21 Agustus 2023, 16:06
ganjar, survei, prabowo, anies
ANTARA FOTO/Aji Styawan/nz.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kiri) menyapa warga saat mengikuti Karnaval Festival Bunga Bandungan 2023 di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (13/8/2023).

Masyarakat memiliki persepsi masing-masing mengenai calon presiden yang akan memperjuangkan kepentingan mereka. Hal tersebut ditunjukkan dari survei yang dilakukan Kurious pada 3 Agustus hingga 10 Agustus 202.

Sebagai informasi, Kurious adalah panel survei online yang dikelola oleh Katadata Insight Center (KIC). Survei dilakukan kepada 662 responden dengan metode Computer Assisted Web Interview (CAWI). Survei yang dilakukan pada 3 Agustus hingga 10 Agustus 2023 ini memiliki margin of error 3,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Dari hasil penjaringan opini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dipersepsikan sebagai capres yang memperjuangkan harga bahan pokok. Ganjar juga dianggap sebagai calon pemimpin yang memperjuangkan lapangan pekerjaan hingga mampu memberantas kemiskinan.

Hasil survei Kurious menunjukkan 38,8% responden menganggap Ganjar sebagai capres yang memperjuangkan harga bahan pokok. Angka ini berada di atas Prabowo Subianto yang dipilih oleh 26,6% responden.

Sebanyak 34,7% responden juga menganggap Ganjar capres yang dipersepsikan memperjuangkan lapangan pekerjaan. Di peringkat kedua adalah Erick Thohir yang dipilih 28.7% responden.

Politisi PDIP itu juga dianggap memperjuangkan ekonomi yang berkelanjutan. Ada 32,7% responden yang menganggap Ganjar memperjuangkan ekonomi berkelanjutan, di atas Erick Thohir dengan angka 26,2%.

Dari segi persepsi pemberantasan kemiskinan, Ganjar juga berada di peringkat satu dengan keterpilihan 38%. Di bawahnya adalah Prabowo Subianto yang dipilih 29.1% responden.

Begitu pula dengan perspsi memperjuangkan pemerataan dan kualitas pendidikan hingga kesehatan. Ganjar berada di posisi satu dalam persepsi memperjuangkan pendidikan karena dipilih oleh 35,8%. Sedangkan Anies Baswedan berada di bawahnya dengan keterpilihan 29,1%.

Adapun dalam persepsi memperjuangkan kualitas kesehatan, sebanyak 34,7% memilih Ganjar. Sedangkan Anies yang dipilih 26,1% responden berada di ranking dua.

Namun nama Ganjar kalah dalam persepsi memperjuangkan pemberantasan korupsi, penegakan hukum dan HAM, mampu mewakili Indonesia dalam forum internasional, serta memperjuangkan industri digital.

Nama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD unggul dalam persepsi memperjuangkan pemberantasan korupsi,
penegakan hukum dan HAM.

Sebanyak 32,7% responden memilih Mahfud sebagai tokoh yang dianggap memperjuangkan pemberantasan korupsi. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu juga dipilih oleh 35,9% responden terkait persepsi memperjuangkan penegakan hukum dan HAM.

Sedangkan Prabowo dianggap masyarakat sebagai capres yang paling dipersepsikan mampu mewakili RI dalam forum internasional. Nama Menteri Pertahanan itu berada di peringkat satu dengan tingkat keterpilihan 40,6%, jauh di atas Ganjar di posisi kedua yang dipilih 29,4%.

Sedangkan Erick Thohir dianggap capres yang paling mampu memperjuangkan pertumbuhan industri digital. Ia dipilih oleh 31,5% responden dan berada di atas Ganjar yang dipilih 28,2% pemilih.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...