Dino Patti Djalal Laporkan Dugaan Rumahnya jadi Markas Penipuan Online

Ade Rosman
28 Agustus 2023, 15:22
ilustrasi penipuan online
Katadata
ilustrasi penipuan online

Mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal melaporkan dugaan penyalahgunaan rumahnya oleh sejumlah orang. Ia menduga rumah yang berlokasi di Jalan Kemang IV Nomor 4-B, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan itu sempat menjadi sarang sindikat penipuan online internasional.

Melalui unggahan di Instagram pribadinya @dinopattidjalal, ia menggambarkan kondisi rumah yang disewakannya itu. Ia menyebut, dari jumlah tempat tidur yang terlihat, rumah tersebut ditinggali sekitar 30 orang.

"Dari bukti produk-produk yang tertinggal di rumah, para pelakunya nampaknya imigran dari luar negeri yang berbahasa Mandarin. Para penjahat ini semuanya sudah kabur, dan rumah sudah kosong, ditinggal dalam keadaan rusak," kata Dino seperti dikutip, Senin (28/8).

Dino memperkirakan para pelaku telah kabur sejak 3 bulan lalu. Hal tersebut berdasarkan adanya tagihan listrik yang tak dibayar.

"Penyewa rumah yang namanya ada dalam kontrak sewa (seorang WNI yang digunakan sebagai front) setelah dicek polisi ternyata menggunakan KTP palsu " kata Dino lagi.

Ia pun menyebut telah melapor kasus itu ke Polres Jakarta Selatan. Lebih jauh, Dino meminta Direktorat Jenderal Imigrasi untuk memburu para pelaku. "Interpol juga perlu di-alert," kata Dino. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...