Top News: Rekayasa Lalu Lintas KTT ASEAN, Gempa 7,4 M di Laut Jawa

Aryo Widhy Wicaksono
30 Agustus 2023, 05:50
Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Kamis (14/7/2022).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, akan berlangsung pada 2 - 7 September 2023 mendatang di Jakarta. KTT tersebut akan dihadiri para pimimpin negara-negara anggota ASEAN.

Untuk memudahkan mobilitas para delegasi menghadiri KTT ASEAN, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya akan menerapkan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi pelaksanaan KTT.

Rekayasa tersebut akan menyesuaikan dengan waktu kegiatan para delegasi. Rekayasa lalu lintas ini mencakup 29 ruas jalan di sekitar Jalan Sudirman-Thamrin, kawasan GBK, HR Rasuna Said, hingga kantor Sektretariat ASEAN.

Rekayasa lalu lintas untuk menyambut KTT
ASEAN di Jakarta menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga artikel menarik lainnya, seperti saham Astra yang tertekan setelah ramai isu mengenai rangka eSAF motor Honda, serta ulasan BMKG mengenai gempa dengan magnitudo 7,4 di Laut Jawa.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Buka Tutup Jalan Berlaku Selama KTT ASEAN, Ini Rute dan Jadwal Lengkap

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya menerapkan sistem buka tutup jadwal selama pelaksanaan KTT ASEAN pada 2-7 September 2023 mendatang. Pemberlakukan buka tutup bersifat situasional menyesuaikan dengan waktu para delegasi melintas dari hotel menuju venue maupun sebaliknya.

"Bahwa ada 29 ruas jalan yang dilakukan manajemen rekayasa lalu lintas selama pelaksanaan KTT ASEAN," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo seperti dikutip, Selasa (29/8).

Syafrin menjelaskan sistem buka tutup diberlakukan saat perjalanan delegasi dari tempat penginapan ke tempat acara penutupan bisa sampai 2 jam. Dia mencontohkan apabila delegasi berangkat pukul 07.00 WIB maka buka tutup berlaku dari pukul 6.30 WIB sampai pukul 8.30 WIB.

Simak rute jalan yang terdampak rekayasa lalu lintas selama KTT ASEAN.

2. Saham Astra Terus Tertekan Imbas Viralnya Rangka Keropos Motor Honda

Saham perusahaan induk Grup Astra, PT Astra International Tbk (ASII), terus melemah setelah viralnya kasus rangka sepeda motor enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF yang keropos dan gampang patah milik Honda di media sosial.

Sejak mencuatnya kasus rangka motor keropos ini beberapa pekan terakhir, saham Astra International, induk dari PT Astra Honda Motor, terus mengalami tekanan. Hal ini lantaran munculnya desakan bagi Honda dari warganet untuk melakukan penggantian produk bagi konsumen yang merasa dirugikan.

Pada awal pekan ini, Senin (28/8), saham Astra International melemah 0,39% ke level Rp 6.425 setiap saham. Pelemahan juga terjadi pada perdagangan Selasa pagi ini ke posisi Rp 6.400 atau turun 0,39%.

Sedangkan, pada periode perdagangan 21-25 Agustus, saham ASII dominan melemah, hanya sehari perdagangan, tepatnya pada 22 Agustus yang ditutup di zona hijau. Sedangkan, dalam 12 hari terakhir, saham Astra sudah anjlok 10,79% dengan nilai kapitalisasi pasar Rp 259 triliun.

Ketahui lebih banyak mengenai imbas isu rangka keropos motor Honda terhadap saham Astra.

3. Kali Pertama, Bos GoTo Patrick Walujo Borong 62,9 Juta Saham GOTO

Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Patrick Walujo memborong 62,92 juta saham GOTO Seri A di pasar regular. Pembelian dilakukan pada harga rata-rata Rp 90,22 per saham.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...