LRT Alami Gangguan Saat Beroperasi, KAI Sampaikan Permintaan Maaf

Andi M. Arief
30 Agustus 2023, 16:02
LRT
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Warga berjalan melintasi jembatan penyeberangan orang (JPO) penghubung ke Stasiun LRT Cikoko yang sudah selesai dibangun di Jalan MT Haryono, Jakarta, Rabu (23/8/2023).

PT Kereta Api Indonesia atau KAI menyampaikan permohonan maaf atas gangguan pengoperasian kereta api ringan atau LRT pagi ini, Rabu (30/8). Walau demikian, KAI tetap berencana meningkatkan kapasitas angkut.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengakui terdapat sejumlah gangguan dalam operasional LRT pagi ini. Beberapa gangguan di antaranya pintu yang tidak dapat tertutup, pendingin ruangan dan listrik yang mati, dan papan informasi yang belum berfungsi secara maksimal.

"Terkait dengan adanya kekurangnyamanan yang dialami penumpang, KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. KAI berkomitmen untuk terus memperbaiki dan meningkatkan layanan," kata Joni dalam keterangan resmi, Rabu (30/8).

Joni mendata total penumpang lRT pada 28-29 Agustus 2023 mencapai 28.925 penumpang. Jumlah penumpang mengalami lonjakan pada Selasa (29/8) mencapai 23.075 orang. 

Ia menyampaikan saat ini rangkaian LRT yang berfungsi baru sejumlah 12 unit dengan total perjalanan 158 kali. Artinya, setiap rangkaian LRT melakukan 13 perjalanan antara Stasiun LRT Dukuh Atas menuju Stasiun LRT Jatimulya maupun Stasiun LRT Harjamukti.

Joni menghitung 12 rangkaian LRT dapat mengangkut penumpang maksimal hingga 45.000 orang per hari. Menurutnya, kapasitas maksimum angkut tersebut akan dinaikkan menjadi 137.000 penumpang per hari dengan penambahan rangkaian LRT menjadi 27 unit.

"Target ini tentunya akan terus ditinjau dan dievaluasi lagi bersama-sama dengan pemerintah," kata Joni.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...