Partai Demokrat: SBY Sudah Tahu Cawapres Pilihan Anies Baswedan

Ade Rosman
30 Agustus 2023, 20:03
anies baswedan, sby, partai demokrat
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/foc.
Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan (tengah) bersama tim delapan berjalan keluar usai pertemuan dengan Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023).

Juru Bicara Partai Demokrat Hersazaky Mahendra Putra mengatakan Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY telah mengetahui kandidat calon wakil presiden atau cawapres yang dipilih oleh Anies Baswedan.

"Sudah tahu tentunya," kata Herzaky kepada wartawan di Universitas Indonesia, Rabu (30/8). Namun ia tidak memerinci kandidat cawapres yang dimaksud.

Ia menyampaikan, Anies Baswedan telah memilih cawapres untuk mendampinginya dalam Pilpres 2024. Anies pun sudah berkomunikasi dengan tiga partai politik pendukung.

"Sudah dikomunikasikan, Mas AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono juga sudah. Terakhir Pak Sudirman Said sudah menyampaikan di berbagai forum bahwa sudah diputuskan. Ketiga ketua umum parpol sudah mengetahui," katanya.

Pemilihan cawapres Anies Baswedan berpedoman pada piagam koalisi. "Kalau tidak memenuhi kriteria, mohon maaf jangan berharap," katanya.

Herzaky mengatakan Partai Demokrat percaya diri dengan komposisi Koalisi Perubahan untuk Persatuan, meski hanya diisi oleh tiga partai.

Pak SBY dulu hanya 15%, bisa menang pada Pilpres 2004. Jadi kalau hanya tiga partai tidak masalah, yang penting kan rakyat," katanya. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...