Menteri PUPR: Renovasi JCC untuk KTT ASEAN Ke-43 Sudah Rampung

Lona Olavia
1 September 2023, 07:20
Menteri PUPR: Renovasi JCC untuk KTT ASEAN Ke-43 Sudah Rampung
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) berbincang dengan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono sebelum mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan penataan dan renovasi Jakarta Convention Center (JCC) untuk lokasi pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 sudah selesai.

"Untuk penataan dan renovasinya semua sudah selesai," ujar Basuki di Jakarta, Jumat (31/8) dikutip dari Antara.

Basuki menambahkan, dirinya sudah meninjau penataan dan renovasi JCC yang telah diselesaikan Kementerian PUPR, sehingga lokasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai venue perhelatan KTT ASEAN ke-43.

"Saya sudah meninjau ke sana dan JCC dapat dimanfaatkan sebagai lokasi perhelatan KTT ASEAN," katanya.

Kementerian PUPR memberikan dukungan penuh dalam penyelenggaraan " target="_blank">KTT ke-43 ASEAN melalui penyediaan infrastruktur.

Renovasi JCC telah dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jakarta Metro, Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya sejak 12 Juni 2023. Biaya penanganan JCC tersebut bersumber dari APBN senilai Rp 115,88 miliar.

Pekerjaan rehabilitasi JCC terdiri dari empat zona, yakni Zona 1 (lower ground) meliputi pekerjaan arsitektur Kasuari Lounge, Merak Room, Nuri Room, Maleo Room, Kenari Room, Kakatua Room, Lower Lobby Pre Function, Summit Room, Summit Lounge, walkway ke Hotel Sultan, mushola dan toilet.

Zona 2 (ground floor) terdiri dari pekerjaan arsitektur Assembly Hall, Main Lobby, Cendrawasih Hall dan Koridor, Prefunction Hall A, serta VIP Room dan toilet (Cendrawasih). Zona 3 (ground) terdiri dari penanganan plenary hall dan koridor serta president area.

Terakhir, Zona 4 (ground) berupa pemasangan kanopi, penataan drop off, taman depan, taman samping, toilet, dan mushola outdoor.

Renovasi JCC memiliki konsep desain utama dengan mengadopsi elemen budaya Indonesia yang dapat mencerminkan karakter dan identitas Bangsa Indonesia. Ditjen Cipta Karya menambahkan instrumen-instrumen yang menggambarkan keragaman Indonesia, seperti balutan rotan sintetis, padded wall, dan karpet.

Reporter: Antara

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...