Teknologi Aquaporin Hasilkan Pemurnian Air yang Sehat

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
1 September 2023, 19:10
Teknologi Aquaporin Hasilkan Pemurnian Air yang Sehat
Katadata

Tren permintaan air mineral dalam galon semakin meningkat seiring dengan banyaknya merk baru yang hadir belakangan ini. Tanpa disadari bahwa air mineral dalam galon tidak bisa dinyatakan 100% aman dikarenakan pemakaian galon yang berulang dan berpotensi melepaskan molekul BPA yang sangat berbahaya bagi tubuh dan bisa memicu kanker.

Dokter Mario Johan mengungkapkan, galon dengan bahan PC biasanya sering dipakai berulang dan hingga kini belum ada informasi berapa lama galon tersebut bisa dipakai ulang.

“Pada 2022, BPOM menemukan di 6 daerah terpapar BPA melebihi ambang batas. Karena itu BPOM mengeluarkan aturan untuk galon PC harus mencantumkan label berpotensi mengandung BPA. Jadi hati-hati dalam mengonsumsi air dari galon.,” kata Mario.

Protein Aquaporin terdapat pada semua makhluk hidup dan protein ini bertugas mengangkut air dan memurnikannya di dalam sel, dimana bakteri dan kontaminan berbahaya lainnya disaring oleh protein ini. Setelah lebih dari satu dekade penelitian telah berhasil dikembangkan teknologi penggabungan protein Aquaporin ke dalam membran RO. Aquaporin ditemukan oleh Peter Agre yang memenangkan Hadiah Nobel Kimia tahun 2003.

Teknologi baru ini juga diterapkan pada teknologi pemurnian air luar angkasa, termasuk NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA).

Philips Water Solution bersama dengan Akari Indonesia meluncurkan Philips Reverse Osmosis yang terbukti memiliki tingkat kejernihan yang sangat tinggi dan memiliki kandungan zat padat terlarut (TDS) yang rendah yang bisa membantu ginjal dapat bekerja lebih ringan. Dengan ukuran molekul yang lebih kecil maka air reverse osmosis lebih mudah diserap oleh tubuh.

"Kami percaya bahwa konsumsi air bersih sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan setiap orang. Philips Reverse Osmosis dengan teknologi Aquaporin inside dirancang untuk menghilangkan kontaminan dari air, sehingga Anda dan orang yang Anda cintai dapat menikmati air yang bersih, sehat secara instan," kata Senior Vice President International Business dari Philips Water Solution Marcus Tam dalam konferensi pers, Kamis (31/8/2023).

Philips Reverse Osmosis ADD6920 diluncurkan dengan teknologi “True Instant Boiling” yang dapat memastikan tiap tetes air dipanaskan dengan sempurna. Philips Reverses Osmosis ini mempunyai teknologi dengan 6 tahap penyaringan untuk memastikan penyaringan hingga 110 zat berbahaya seperti bakteri, virus, timbal, pestisida, klorin, dan banyak zat lainnya dari dalam air. Disempurnakan dengan teknologi “Post RO mineralization”, alat ini menambahkan kembali mineral seperti Ca2+, Mg2+, K+, dan Na+ yang menyeimbangkan pH air yang telah dimurnikan dari pengolahan asam sistem RO menjadi netral dan basa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...