Beri Selamat Duet Anies-Muhaimin, Puan Buka Peluang PDIP Gaet Demokrat

Happy Fajrian
3 September 2023, 10:37
pdip, puan maharani, partai demokrat, anies baswedan
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/tom.
Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDI Perjuangan Puan Maharani (kedua kanan) menjawab pertanyaan wartawan saat menghadiri Rapat Konsolidasi Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (25/7/2023).

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani memberi selamat kepada Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang baru saja mendeklarasikan diri sebagai pasangan bakal capres dan cawapres untuk Pilpres 2024.

Ia juga berbicara soal kemungkinan kerja sama PDIP dengan Partai Demokrat yang keluar dari koalisi pendukung Anies. “Saya ucapkan selamat kepada pasangan Mas Anies dan Cak Imin yang sudah mendeklarasikan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden,” kata Puan dikutip dari siaran pers, Minggu (3/8).

Terkait manuver Anies bersama Partai NasDem yang seolah meninggalkan Demokrat dengan memutuskan Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden, Puan mengatakan itu merupakan dinamika politik pada kontestasi Pemilu. “Semua partai pasti punya strateginya masing-masing,” ucapnya.

Dengan keluarnya Demokrat dari Koalisi Perubahan pendukung Anies Baswedan, Puan mengatakan PDIP siap menjajaki kemungkinan kerja sama. Apalagi, menurutnya, komunikasi antara PDIP dan Demokrat cukup baik.

“(Komunikasi dengan Demokrat) masih terjalin dan terus terjalin. Tentu saja setelah ini kita akan melakukan silaturahmi untuk menjajaki kemungkinan-kemungkinan yang ada, termasuk ke semua partai,” ungkap Puan.

Deklarasi Anies-Cak Imin tak hanya menyebabkan Demokrat keluar dari Koalisi Perubahan. Karena menerima tawaran posisi bakal cawapres untuk Cak Imin, PKB juga hengkang dari koalisi pendukung bakal capres Prabowo Subianto.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...