Survei Kurious: Prabowo Dianggap Paling Mewakili RI di Forum Dunia

Ameidyo Daud Nasution
4 September 2023, 18:53
prabowo, survei, kurious
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Spt.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melambaikan tangan saat tiba di lokasi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Kurious kembali merilis hasil survei terbaru soal persepsi tokoh politik. Dari hasil penjaringan opini, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dipersepsikan sebagai calon presiden yang mampu mewakili Indonesia dalam forum internasional.

Sebanyak 43,5% responden menganggap Prabowo bisa mewakili Indonesia di kancah global. Angka ini berada di atas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang dipilih 30% responden dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dipilih 29% responden.

Persepsi responden terhadap kemampuan Prabowo mewakili Indonesia di forum internasional juga meningkat sejak survei awal Agustus 2023 lalu. Saat penjaringan opini pada 3 Agustus, responden yang memilih Prabowo mencapai 40,6%.

Meski demikian, dalam beberapa indikator persepsi lainnya, nama Prabowo masih berada di bawah sosok lain. Sebagai contoh, nama Ketua Umum Partai Gerindra ini kalah dari Ganjar Pranowo dalam persepsi tokoh yang memperjuangkan harga bahan pokok.

Dalam persepsi soal harga bahan pokok, Prabowo hanya dipilih oleh 28,3% responden, sedangkan Ganjar dipilih oleh 40,4% responden. Begitu pula dalam persepsi isu kemiskinan, hanya 31,9% memilih Prabowo, sedangkan Ganjar berada di peringkat satu dengan 40,6% responden.

Nama Prabowo juga kalah dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dalam hal persepsi Pemberantasan korupsi hingga penegakan hukum.

Dalam persepsi pemberantasan korupsi, sebanyak 33,4% responden memilih Mahfud. Sedangkan 32,4% memilih Ganjar dan 32,3% responden beranggapan Prabowo fokus terhadap isu pemberantasan rasuah.

Dalam persepsi penegakan hukum dan hak asasi manusia, nama mantan Danjen Kopassus itu dipilih oleh 32,4%. Sedangkan Mahfud berada di peringkat satu dengan suara 33% responden.

Sementara, dalam hal persepsi memperjuangkan pertumbuhan industri digital, Prabowo kalah dari Erick Thohir. Prabowo yang dipilih 24,9% responden hanya berada di posisi empat. Sedangkan Erick dipilih oleh 31,7% responden.

Kurious adalah panel survei online yang dikelola oleh Katadata Insight Center (KIC). Survei dilakukan kepada 933 responden dengan metode Computer Assisted Web Interview (CAWI).

Survei yang dilakukan pada 22 Agustus hingga 29 Agustus 2023 ini memiliki margin of error 3,2% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...