Wapres AS Kamala Harris Tiba di Jakarta untuk Hadiri KTT ASEAN

Patricia Yashinta Desy Abigail
6 September 2023, 12:31
Wakil Presiden AS Kamala Harris bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (5/9). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.
Youtube/Sekretariat Presiden
Wakil Presiden AS Kamala Harris bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (5/9). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

 Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris telah tiba di Jakarta untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43. Harris tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Selasa (5/9) pukul 22.00 WIB.

Harris disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rosan Perkasa Roeslani, dan Duta Besar AS untuk ASEAN Yohannes Abraham.

Harris dijadwalkan menghadiri pertemuan KTT ASEAN ke 43 di Jakarta Convention Center pada Rabu (6/9) pukul 15.00 WIB. Kehadirannya mewakili Presiden AS Joe Biden.

Tidak hanya Joe Biden, Presiden Cina Xi Jinping juga absen di KTT ASEAN ke 43 dan diwakilkan oleh Perdana Menteri Li Qiang. Adapun, pemimpin negara lain yang hadir di antaranya Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, PM Jepang Fumio Kishida, dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol.

KTT ASEAN ke 43 dihadiri oleh para pemimpin negara maupun delegasi sahabat ASEAN. Beberapa di antaranya, yakni Cina, Jepang, Korea Selatan, India, Inggris, Selandia Baru, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...