Top News: 288 Pinjol Ilegal Diblokir, Kode Breaking News Ridwan Kamil

Aryo Widhy Wicaksono
7 September 2023, 05:55
Sejumlah anak membaca bersama di dekat dinding bermural di kawasan Tempurejo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021).
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp.
Sejumlah anak membaca bersama di dekat dinding bermural di kawasan Tempurejo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021).

Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (Satgas PAKI) bersama tim Cyber Patrol, selama Agustus lalu berhasil menemukan 243 entitas, serta 45 konten pinjaman online alias pinjol ilegal di sejumlah website, aplikasi dan sosial media.

Satgas PAKI lalu melakukan verifikasi, menurunkan konten, serta memblokir 288 temuan tersebut.

Selain itu, Satgas PAKI juga mencabut izin usaha PT FEC Shopping Indnesia (Future E-Commerce/FEC), karena diduga melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan izin usaha dan melakukan penghimpunan dana masyarakat tanpa izin.

Pemblokiran terhadap ratusan pinjol ilegal menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga bagaimana Bank Dunia memuji pengentasan kemiskinan di ASEAN, serta kode Ridwan Kamil terkait aktivitasnya setelah tak lagi menjabat sebagai gubernur.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Satgas PAKI Blokir 288 Pinjol Ilegal dan Cabut Izin Usaha FEC

Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (Satgas PAKI) didukung oleh tim Cyber Patrol selama Agustus 2023 telah menemukan 243 entitas, serta 45 konten pinjaman online alias pinjol ilegal di sejumlah website, aplikasi dan sosial media.

Satgas PAKI kemudian melakukan verifikasi, penurunan konten serta pemblokiran terhadap 288 temuan tersebut.

“Dengan demikian sejak 2017 sampai 4 September 2023, Satgas PAKI telah menghentikan 7.200 entitas keuangan ilegal. Terdiri dari 1.196 entitas investasi ilegal, 5.753 entitas pinjol ilegal, dan 251 entitas gadai ilegal,” tulis keterangan resmi OJK, Rabu (6/9).

Dalam operasi sibernya, Satgas PAKI juga menemukan 15 konten yang memuat fenomena Pinjaman Pribadi (Pinpri) yang berpotensi pada pelanggaran penyebaran data pribadi.

Simak bagaimana Satgas PAKI blokir 288 pinjol ilegal.

2. Jadwal Penutupan Jalan Hari Ini Seiring Gelaran KTT ASEAN 2023

Sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta akan ditutup hari ini, Rabu (6/9), seiring adanya gelaran KTT ASEAN ke-43. Polisi mengimbau masyarakat untuk mencari jalur alternatif.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @tmcpoldametro, ruas jalan yang akan ditutup dan dilakukan pengalihan arus lalu lintas yaitu sepanjang Jalan MH. Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman, dimulai dari bundaran Patung Kuda sampai dengan Bundaran Senayan.

Kemudian Jalan HR. Rasuna Said dari TL Cokro sampai dengan TL Kuningan, serta sepanjang Jalan Gatot Subroto dimulai dari TL Kuningan sampai dengan TL Slipi, dan sepanjang Jalan Imam Bonjol sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia.

Ketahui bagaimana penutupan jalan seiring gelaran KTT ASEAN 2023.

3. Bank Dunia Puji Pengentasan Kemiskinan di ASEAN Jauh Lebih Baik

Bank Dunia atau World Bank melihat upaya yang dilakukan oleh negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN dalam mengatasi kemiskinan terbilang lebih baik jika dibandingkan wilayah lainnya. Bahkan saat pandemi Covid 19 dan banyak pelemahan terjadi, ASEAN tetap dapat bertahan dengan baik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...