Polling Institute: Elektabilitas Erick Paling Kuat Dampingi Prabowo

Syahrizal Sidik
10 September 2023, 21:08
Polling Institute: Erick Kandidat Cawapres Terkuat Dampingi Prabowo
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Menteri BUMN Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir muncul sebagai kandidat dengan elektabilitas paling potensial mendampingi Prabowo Subianto sebagai bakal calon wakil presiden di Pemilu Presiden 2024 berdasarkan hasil survei terbaru Polling Institue. 

Erick juga unggul pada simulasi pemilihan wakil presiden untuk 19 nama semi terbuka dengan potensi dukungan 15%, kemudian pada simulai lima nama, Erick berada di peringkat teratas dengan dukungan 24,5%.

Sedangkan, berdasarkan survei dengan simulasi berbagai nama, duet Prabowo-Erick mendapatkan banyak dukungan jika dibandingkan pasangan-pasangan lain.

“Temuan kami, Erick Thohir menjadi kandidat paling potensial untuk mendongkrak suara Prabowo di Pemilu Presiden 2024,” kata Peneliti Polling Institue, Kennedy Muslim saat memaparkan hasil survei bertajuk "Peta Persaingan Capres-Cawapres dan Isu-Isu Terkini" seperti dikutip dari Antara, Minggu (9/10). 

Dia menjelaskan dalam simulasi tiga pasangan, duet Prabowo-Erick memperoleh dukungan sebesar 38,5%, Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno dengan 32,5%, dan Anies Baswedan-AHY dengan 18,8%. Munculnya nama AHY mengingat periode survei dilakukan sebelum deklarasi Anies-Muhaimin yang pada rentang 21-25 Agustus 2023.

Survei ini dilakukan melalui sambungan telepon dengan pewawancara terlatih. Survei tersebut melibatkan 1.201 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dan margin of error sekitar 2,9%

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...