Polusi Udara Jakarta Terburuk Ketiga di Dunia Pagi Ini

Tia Dwitiani Komalasari
18 September 2023, 09:15
Lanskap suasana gedung diselimuti kabut polusi udara di Jakarta pada Selasa (22/8) masih buruk. Terbukti melalui pengukuran yang diterakan melalui situs pemantau kualitas udara Iqair, indeks AQI US masih pada 172 dan bertanda merah. Sementara polutan utam
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Lanskap suasana gedung diselimuti kabut polusi udara di Jakarta pada Selasa (22/8) masih buruk. Terbukti melalui pengukuran yang diterakan melalui situs pemantau kualitas udara Iqair, indeks AQI US masih pada 172 dan bertanda merah. Sementara polutan utama pada PM2.5 sebagaimana dikases pada pukul 08.19 WIB.

Daerah Khusus Ibukota Jakarta menduduki posisi ketiga sebagai kota dengan polusi udara terburuk di dunia pada Senin pagi (18/9).  Kota dengan kualitas udara terburuk, yaitu Dubai (UEA) yang berada di angka 162, lalu urutan kedua Kuching (Malaysia) di angka 155.

Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir pada pukul 06.36 WIB, Indeks Kualitas Udara (AQI) di Jakarta berada di angka 149 atau masuk dalam kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif. Polusi udara Jakarta mencapai nilai konsentrasi 55,2 mikrogram per meter kubik (m3).

Sebagai informasi, angka itu memiliki penjelasan tingkat kualitas udaranya tidak sehat bagi kelompok sensitif karena dapat merugikan manusia ataupun kelompok hewan yang sensitif atau bisa menimbulkan kerusakan pada tumbuhan ataupun nilai estetika.

 Sedangkan kategori baik, yakni tingkat kualitas udara yang tidak memberikan efek bagi kesehatan manusia atau hewan dan tidak berpengaruh pada tumbuhan, bangunan ataupun nilai estetika dengan rentang PM2,5 sebesar 0-50.

 Kemudian, kategori sedang, yakni kualitas udaranya yang tidak berpengaruh pada kesehatan manusia ataupun hewan tetapi berpengaruh pada tumbuhan yang sensitif dan nilai estetika dengan rentang PM2,5 sebesar 51-100.

Lalu, kategori sangat tidak sehat dengan rentang PM2,5 sebesar 200-299 atau kualitas udaranya dapat merugikan kesehatan pada sejumlah segmen populasi yang terpapar. Terakhir, kategori berbahaya (300-500) atau secara umum kualitas udaranya dapat merugikan kesehatan yang serius pada populasi.

Gedung Tinggi Pasang Water Mist

Sementara itu, sebanyak 18 gedung swasta di Jakarta Selatan memasang 30 unit alat penyemprot kabut air (water mist generator) sebagai wujud kepedulian untuk menanggulangi polusi udara. Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengatakan 30 unit water mist generator itu dipasang sendiri oleh pemilik 18 gedung.
 
"Saya berterima kasih kepada pengelola gedung yang sudah mewujudkan penggunaan alat water mist generator ini dan saya harap gedung-gedung lainnya bisa mengikuti hal yang sama dalam waktu dekat," kata Munjirin.
 
Gedung-gedung yang memasang alat itu antara lain Gedung Cyber 2 sebanyak satu water mist generator, Woodland Park Residence (1), Apartemen Kalibata City (13), Gedung L'Avenue (1), Gedung Gozco (1), Gedung Gandaria 8 Office Tower (1), Mal Gandaria City (1).
 
Selanjutnya Hotel Sheraton (1), Apartemen Pakubuwono View (1), Apartemen OnePark (1), Somerset Kencana Jakarta (1), Apartemen Pakubuwono Terrace (1), Gedung Wisma Indocement (1), Apartemen Four Winds of Senayan (1), Apartemen Kemang Jaya (1), Apartemen Providence Park (1), Wisma Mulia (1), Gedung Tifa (1).

Petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan diminta mengecek setiap gedung, untuk memastikan dampak perbaikan udara yang dihasilkan dari pemasangan water mist generator itu. Setiap gedung dengan ketinggian di atas 20 meter atau lebih dari delapan lantai diminta memasang water mist generator sebagai upaya bersama dalam mengendalikan polusi udara di Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya mengumumkan sebelas gedung telah memasang water mist generator, di antaranya satu gedung di Jakarta Pusat yakni PT Astra International Tbk, tiga gedung di Jakarta Utara yakni PT Kencana Unggul Sukses, PT PLN Jawa Bali, dan Apartemen Green Lake Sunter.

Kemudian, tiga gedung di Jakarta Barat yaitu LTC Glodok, Harco Glodok, dan Pantjoran China Town. Lalu empat gedung di Jakarta Timur yakni PT Pama Persada, PT Suhu Global Health, dan PT Waskita Rajawali Tower, United Tractor lantai 8 dan 10.

Lalu, gedung milik pemerintahan sudah ada tujuh yang memasang water mist, yaitu Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, dan Balai Kota DKI, Jakarta Pusat Blok G dan H.
 
Berikut daftar kota dengan polusi udara terburuk di Indonesia selama Agustus 2023.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...