Jokowi Buka Musyawarah Ulama NU, Prabowo hingga Erick Thohir Hadir

Muhamad Fajar Riyandanu
18 September 2023, 11:20
jokowi, nu, prabowo
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat Pembukaan Munas Alim Ulama NU di Jakarta, Senin (18/9). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutan sekaligus membuka Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) 2023. Agenda tersebut digelar di di Pondok Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur pada Senin (18/9).

Pada kesempatan tersebut, nampak sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir. Beberapa di antaranya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Pedagangan Zulkifli Hasan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hingga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan perlu adanya konsolidasi kuat antar anggota NU yang memiliki jumlah anggota yang besar. Apalagi organisasi ini memiliki anggota  yang berada di luar negeri dan dalam negeri.

"Kekuatan besar ini perlu diorganisasikan dengan baik. Ditingkatkan terus kualitasnya bukan hanya di bidang sosial, di bidang keagamaan dan di bidang kemanusiaan," kata Jokowi.

Jokowi menyoroti sekaligus mengapresiasi banyaknya anggota NU muda yang mendapat kesempatan memperoleh pendidikan di kancah global. Dia berharap, ilmu yang diserap oleh anggota muda NU berupa keahlian teknologi, keterampilan operasi mesin kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sampai precision medicine menjadi bekal bagi NU untuk menyongsong masa depan.

"Mereka harus menjadi bagian solusi bagi Nahdliyin di akar rumput dan menyejahterakan umat. Belajar ilmu masa depan tanpa kehilangan jati diri sebagai muslim, tanpa kehilangan jati dirinya sebagai Nahdliyin," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...