Sederet Kompensasi Warga Rempang: Uang Tunggu Rp 1,2 Juta hingga SHM

Ameidyo Daud Nasution
18 September 2023, 18:40
rempang, batam, bahlil
ANTARA FOTO/Teguh Prih
Petugas Tim Terpadu melakukan sosialisasi kepada warga untuk pendataan relokasi di Sembulang, Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (17/9/2023).

Pemerintah telah membahas kelanjutan nasib warga Pulau Rempang, Kepulauan Riau yang akan direlokasi. Rapat digelar Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan sejumlah Anggota Kabinet Indonesia Maju di Batam, Minggu (17/8).

Saat ini, pemerintah akan menyiapkan hunian baru untuk 700 kepala keluarga terdampak. Rumah tersebut akan dibangun dalam rentang waktu 6 hingga 7 bulan.

"Proses penanganan Rempang harus dilakukan dengan cara-cara yang soft, yang baik. Kami tetap memberikan penghargaan kepada masyarakat yang memang sudah secara turun-temurun berada di sana," kata Bahlil di seperti dikutip dari Antara, Senin (18/9).

Tak hanya itu, masyarakat yang tergusur akan diberikan sertifikat hak milik untuk tempat tinggal mereka yang baru. Mereka yang direlokasi berada di 16 titik Kampung Tua Pulau Rempang.

"Kami juga sudah sampaikan bahwa sertifikat itu agar disamakan dengan sertifikat 37 kampung tua yang sudah diserahkan," kata Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto.

Selama masa persiapan pindah, masyarakat di Pulau Rempang akan mendapatkan uang hingga rumah sewa, ini daftarnya:

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...