Jokowi Soal Data Intelijen Parpol: Itu Sarapan Saya Setiap Pagi

Ameidyo Daud Nasution
19 September 2023, 10:44
jokowi, intelijen, parpol
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) meninjau salah satu gerbong Kereta Cepat Jakarta-Bandung saat uji coba rute Bandung-Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Presiden Joko Widodo menjelaskan laporan intelijen hingga data-data ekonomi merupakan hal yang rutin dibaca setiap pagi. Hal tersebut merespons pertanyaan mengenai pernyataannya sendiri di depan relawan pada akhir pekan lalu.

Jokowi mengatakan ia setiap hari mendapatkan laporan situasi politik, ekonomi, dan sosial dari lembaga terkait. Adapun, laporan intelijen didapatkannya dari Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, dan Polri untuk keamanan hingga Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) mengenai keuangan.

"Hasil survei, data-data, angka-angka. Pagi-pagi sarapan saya angka-angka dan data-data," kata Jokowi di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/9) seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Meski demikian, Jokowi tak menjawab pertanyaan awak media mengenai hubungan laporan intelijen dengan potensi cawe-cawe presiden pada Pilpres 2024. Jokowi terlihat mengangkat tangan dan berlalu dari lokasi.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan dirinya memiliki informasi lengkap dari berbagai sumber mengenai kondisi partai-partai politik. Dia mengatakan sudah mengetahui arah tiap partai politik dalam Pemilihan Presiden.

“Dalamnya partai seperti apa saya tahu, partai-partai seperti apa saya tahu. Ingin mereka menuju ke mana saya tahu," katanya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi di Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/9).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...