Top News: Boy Thohir Borong Saham MBMA, Potensi Duet Ganjar - Prabowo

Aryo Widhy Wicaksono
22 September 2023, 05:50
Boy Thohir di Sela forum Government and Business Forum (GABF) Tech Forum 2023 yang digelar di Sanur, Bali, Kamis (10/8).
Katadata
Boy Thohir di Sela forum Government and Business Forum (GABF) Tech Forum 2023 yang digelar di Sanur, Bali, Kamis (10/8).

Garibaldi Thohir atau Boy Thohir memborong 3,81 miliar saham PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA). Padahal Boy Thohir pada 13 September 2023 lalu baru melepas 1,5 miliar saham MBMA.

Pembelian ini dibantu PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk dan PT Indo Premier Sekuritas.

Melalui transaksi ini, tabulasi saham Boy Thohir di emiten pengolahan nikel tersebut menjadi 10,46 miliar lembar. Kepemilikannya kini setara dengan 9,69%, setelah bertambah sebanyak 6,64 miliar saham atau setara 6,16% pada 18 September 2023.

Aksi Boy Thohir untuk memborong saham MBMA Winato Kartono menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga mengenai peluang duet Prabowo - Ganjar dapat terwujud, serta rencana merger PT Wika dengan PT Pembangunan Perumahan (PP).

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Boy Thohir Borong 3,8 Miliar Saham MBMA, Winato Kartono 6,79 Miliar

Garibaldi Thohir atau Boy Thohir memborong 3,81 miliar saham PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA). Pembelian kali ini dibantu oleh PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk dan PT Indo Premier Sekuritas.

Padahal Boy Thohir pada 13 September 2023 lalu baru melepas 1,5 miliar saham MBMA. Transaksi penjualan dibantu oleh PT Trimegah Sekuritas. Menyusul transaksi itu, timbunan kakak kandung Menteri BUMN Erick Thohir tersebut kembali melejit secara signifikan mencapai 3,53%.

Berdasarkan data KSEI di keterbukaan informasi BEI Rabu (20/9) disebutkan bahwa per tanggal 19 September 2023 tabulasi saham Boy Thohir di emiten pengolahan nikel tersebut menjadi 10,46 miliar lembar.

Kepemilikannya kini setara dengan 9,69%. Bertambah dari sebelum transaksi yang sebanyak 6,64 miliar saham atau setara 6,16% pada 18 September 2023.

Simak bagaimana cara Boy Thohir borong saham MBMA.

2. PTPP Tunggu Arahan BUMN tentang Rencana Merger dengan WIKA

Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) Novel Arsyad menyebut jika pihaknya menunggu arahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN mengenai rencana penggabungan usaha alias merger dengan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

"Kami masih belum mendapat arahan persis dari kementerian BUMN," kata Novel saat ditemui wartawan di Gedung DPR, dikutip Kamis (21/9). Novel menjelaskan jika detail mengenai pelaksanaan merger rampung dan PTPP sudah mendapat arahan, pasti aka nada informasinya lebih lanjut.

Selain itu dirinya menyebut jika rencana merger ini bisa dilakukan jika sudah mendapat restu pemegang saham. Namun Novel mengaku belum bisa memberitahukan soal pendapat dari pemegang saham terkait rencana merger dengan WIKA. Alasannya rencana merger ini masih dipersiapkan oleh Kementerian BUMN.

Simak bagaimana rencana merger PT PP dengan Wika.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...