Top News: Kesan Usai Naik Kereta Cepat, Daftar Investor ke IKN

Aryo Widhy Wicaksono
23 September 2023, 05:50
Kereta Cepat Jakarta-Bandung
KCIC
Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Hampir genap sepekan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), menggelar uji coba operasional kereta cepat Jakarta - Bandung untuk masyarakat umum. Publik dapat menaiki kereta cepat secara gratis, dengan rute Stasiun Halim hingga Tegalluar, pulang - pergi (PP).

Namun, sejumlah masyarakat yang mengikuti uji coba naik kereta cepat secara gratis ini, justru lebih memilih naik kereta Argo Parahyangan daripada kereta cepat.

Sebagai informasi, Argo Parahyangan merupakan nama rangkaian kereta api, yang melayani rute Jakarta-Bandung.

Pendapat publik yang sudah menaiki kereta cepat ini menjadi artikel terpopuler di Katadata.co.id.

Selain itu, simak juga daftar para pemilik modal yang menanamkan investasinya di IKN, serta profil bos AdaKami Bernardino Monika.

Berikut Top News Katadata.co.id.

1. Usai Coba Kereta Cepat, Banyak Penumpang Lebih Pilih Argo Parahyangan

Sejumlah masyarakat yang mengikuti uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menyatakan bahwa mereka masih memilih kereta Argo Parahyangan dibandingkan KCJB. Alasannya karena harga tiket Argo Parahyangan lebih murah dibandingkan KCJB dan juga tidak perlu transit untuk sampai ke Bandung.

Sebagai informasi, Argo Parahyangan merupakan kereta api yang saat ini telah beroperasi dengan rute Jakarta-Bandung. Kereta Argo Parahyangan melayani kelas eksekutif dan kelas ekonomi.

Salah satu penumpang uji coba kereta cepat, Febrina, mengatakan lebih memilih kereta ekonomi Argo Parahyangan jika harus bepergian ke Bandung.

Meskipun waktunya lebih singkat, biaya tiket KCJB lebih mahal. Apalagi, penumpang harus kembali mengeluarkan uang untuk transportasi dari Stasiun Padalarang menuju Bandung.

Ketahui bagaimana pendapat penumpang usai coba kereta cepat.

2.Daftar Investor yang Groundbreaking Perdana di IKN, Salim hingga Adaro

Sebanyak 10 investasi dari sektor swasta secara resmi masuk ke Ibu Kota Nusantara. Hal itu ditandai dengan diadakannya Groundbreaking Perdana Oleh Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara pada Kamis (21/09).

Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara atau OIKN, Bambang Susantono, mengatakan pada dasarnya pembangunan di IKN dilakukan tidak hanya sebatas membangun sebuah kota.

"Pembangunan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kota to work, to live, and to play,"ujar Bambang dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9).

Dia mengatakan, investor swasta yang membangun IKN secara perdana tersebut tergabung dalam konsorsium yang beranggotakan sepuluh perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap terbangunnya IKN. Sejauh ini, investasi yang telah masuk dalam konsorsium tersebut sekitar Rp 20 triliun.

Ketahui siapa saja investor yang mendapatkan giliran untuk groundbreaking di IKN.

3. Anies - Muhaimin Umumkan Nama Tim Pemenangan Baja AMIN, Ini Anggotanya

Bakal calon presiden Anies Baswedan dan bakal calon wakilnya yakni Muhaimin Iskandar telah mengumumkan terbantuknya tim pemenangan mereka. Tim tersebut bernama Badan Pekerja Anies-Imin atau Baja AMIN.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...