Penanganan Polusi Udara Dinilai Acap Salah Kaprah, Abai Soal Kesehatan

Nur Hana Putri Nabila
26 September 2023, 20:06
Polusi Udara
Katadata/Muhammad Fajar Riyandanu
atadata Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) 2023 di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9).

Penanganan polusi udara selama ini dinilai sering salah kaprah.  Dampak negatif polusi udara seringkali dilihat dari sisi lingkungan dibanding persoalan kesehatan. Padahal menurut o-Founder Bicara Udara, Novita Natalia mengatakan polusi udara lebih mengancam kesehatan manusia dibanding isu lingkungan. 

Menurut Novita sejak beberapa pekan terakhir, kualitas udara Jakarta menurut World Air Quality Index (AQI) dari situs AirVisual masuk jajaran kualitas udara terburuk di dunia. Situasi itu antara lain disebabkan faktor transportasi, industri, pembakaran sampah. Namun, kata Novita, dampak polusi bukan hanya terhadap lingkungan, melainkan mengancam kesehatan manusia

Menurut Novita sepanjang 2018—2022 anggaran BPJS kesehatan Indonesia dominan untuk membiayai lima penyakit, salah satunya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Novita menjelaskan berdasarkan penelitian sebanyak 15–35% dari total kasus ISPA disebabkan polusi udara. Tak hanya itu, ia menyebut biaya yang dibebankan negara mencapai Rp 15 triliun untuk menangani ISPA. 

“Jumlah ISPA di jabodetabek meningkat seiring polusi memburuk,” ucap Novita dalam acara Katadata Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) 2023 di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9).

Novita menyayangkan, pemerintah kini memiliki berbagai program, tetapi tak ada sosialisasi. Padahal menurut dia masalah utama polusi udara adalah kurangnya pemahaman, bukan hanya di kalangan masyarakat, melainkan pada pemerintah itu sendiri. Karena itu ia menyarankan Kementerian Kesehatan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mencari solusi mengatasi polusi udara. 

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...