Program SSCF Citibank Sabet Katadata Green Initiative Awards

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
26 September 2023, 20:22
ATM Citibank di Jakarta.
Arief Kamaludin | Katadata
ATM Citibank di Jakarta.

Citibank N.A.,Indonesia (Citi Indonesia) menerima “Katadata Green Initiative Awards 2023” untuk kategori perbankan. Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif dan inovasi untuk meningkatkan dampak baik bagi lingkungan dan menciptakan sistem perusahaan yang berkelanjutan.

Citi telah menggagas Program Mata Rantai Pasok yang Berkelanjutan atau Sustainable Supply Chain Finance (SSCF) di Indonesia. “Program Mata Rantai Pasok yang Berkelanjutan menunjukkan keterlibatan aktif perusahaan dalam mewujudkan keuangan berkelanjutan dan ekonomi sirkular,” demikian keterangan Katadata Insight Center (KIC) dalam pemberian penghargaan pada 26 September 2023 di Jakarta.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya.

Selain sektor perbankan, ada kategori lain dalam “Katadata Green Initiative Awards”. Kategori tersebut yakni energi dan pertambangan; teknologi dan transportasi; consumer goods; serta lembaga pemerintah dan masyarakat sipil. 

Solusi Keuangan Berkelanjutan

Program Mata Rantai Pasok Berkelanjutan di Indonesia menunjukan keterlibatan aktif Citibank dalam mewujudkan keuangan berkelanjutan dan ekonomi sirkular. Citi secara global berkomitmen mewujudkan US$ 1 triliun untuk keuangan berkelanjutan hingga 2030. 

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan perusahaannya terus berupaya memberikan pembiayaan yang berdampak positif pada lingkungan. Mulai dari energi terbarukan, teknologi bersih, hingga konservasi air dan transportasi berkelanjutan. Citi juga sepenuhnya mendukung percepatan ekonomi berkelanjutan dan rendah karbon yang menyeimbangkan kebutuhan lingkungan, sosial dan ekonomi masyarakat. 

“Oleh sebab itu kami bangga dapat memperkenalkan Program Supply Chain Finance pada klien dan mitra bisnis kami di Indonesia,” kata Batara.

Melalui Program SSCF, Citi menawarkan insentif finansial berupa pemberian suku bunga spesial bagi klien yang memenuhi kriteria penilaian dalam bidang lingkungan, tenaga kerja & hak asasi manusia, etika, dan pengadaan yang berkelanjutan. Untuk mengukur hal tersebut, Citi menggandeng penilai independen dalam menilai kemampuan klien mengimplementasikan agenda ESG ke aktivitas operasional perusahaan.

Program SSCF dapat menjadi solusi bagi para pelaku usaha di berbagai sektor yang kini mulai menyadari pentingnya untuk menjalankan praktik usaha yang berkesinambungan dan bertanggung jawab secara lingkungan maupun sosial. 

Perusahaan kimia asal Jerman, Henkel, menjadi perusahaan pertama yang memanfaatkan program Sustainable Supply Chain Finance (SSCF). Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi perekat, perawatan kecantikan, binatu dan rumah ini juga memiliki fokus pada pembangunan yang berkelanjutan.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...