Teknologi Ramah Lingkungan MIND ID Boyong Katadata Awards

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
27 September 2023, 15:12
Direktur Katadata Media Network Maryadie meberi ucapan selamat saat meberikan awarding kepada para penerima Katadata Green Initiative Award kategoriKategori Energy/Mining di Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9). Dalam malam penganugerahan Katadata Green Init
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Direktur Katadata Media Network Maryadie meberi ucapan selamat saat meberikan awarding kepada para penerima Katadata Green Initiative Award kategoriKategori Energy/Mining di Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9). Dalam malam penganugerahan Katadata Green Initiative Award PT Freeport Indonesia, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), Mining Industry Indonesia (MIND ID) terpilih menjadi penerima award dalam kategori Kategori Energy/Mining.

BUMN holding industri pertambangan MIND ID menerima “Katadata Green Initiative Awards 2023” untuk kategori energi dan pertambangan. Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif dan inovasi untuk meningkatkan dampak baik bagi lingkungan dan menciptakan sistem perusahaan yang berkelanjutan.

MIND ID telah mengembangkan teknologi ramah lingkungan di sektor energi dengan tujuan mencapai target nol emisi karbon pada 2030. “Kehadiran MIND ID sebagai BUMN holding industri pertambangan memainkan peran penting dalam mendukung pengembangan teknologi energi bersih melalui penyediaan bahan baku,” demikian keterangan Katadata Insight Center (KIC) dalam pemberian penghargaan pada 26 September 2023 di Jakarta. 

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya.

Selain sektor energi dan pertambangan, ada kategori lain dalam Katadata Green Initiative Awards. Kategori tersebut yakni perbankan; teknologi dan transportasi; consumer goods; serta lembaga pemerintah dan masyarakat sipil.

Amankan Rantai Pasok Industri Pertambangan

BUMN holding industri pertambangan MIND ID memainkan peran penting dalam rantai pasok komoditas tambang di kancah global khususnya di kawasan ASEAN. Sebagai BUMN holding, MIND ID mendapat mandat dari pemerintah untuk memaksimalkan potensi sumber daya mineral di Tanah Air.

Ada tiga mandat yang diberikan pemerintah kepada MIND ID, yaitu pengelolaan sumber daya mineral, hilirisasi mineral, dan menjadi pemimpin pasar global dengan mengoptimalkan komoditas dan melakukan ekspansi bisnis pertambangan. 

MIND ID memantapkan diri sebagai perusahaan pertambangan berkelanjutan di antaranya melalui pemaksimalan upaya hilirisasi memenuhi rantai pasok berkelanjutan. MIND ID juga mengadopsi 10 prinsip pertambangan dari Dewan Pertambangan dan Logam (ICMM) sebagai jalan memperkuat komitmen bisnis sirkular dari mulai hulu hingga hilir.

MIND ID juga berlomba mengejar dekarbonisasi sektor transportasi melalui inisiatif pengembangan baterai EV. MIND ID melalui anak perusahaannya PT Aneka Tambang Tbk, (ANTM) menjadi pemilik mayoritas saham Indonesia Battery Corporation (IBS) yang bergerak di industri baterai kendaraan listrik.  

"MIND ID mendorong kita untuk membangun inisiatif pembangunan bersama untuk mengatasi tantangan teknologi, untuk mewujudkannya dekarbonisasi layak secara ekonomi dalam jangka panjang. Tentu saja, kebijakan regional mengenai perdagangan karbon dan pajak harus diberdayakan untuk mendukung aspek teknis," kata Chief Financial Officer MIND ID, Akhmad Fazri.

Grup MIND ID saat ini mengelola beberapa mineral dan material penting yang akan diolah menjadi produk dalam negeri seperti emas, nikel, bauksit, aluminium, tembaga, timah, dan batu bara.

MIND ID beroperasi di 17 provinsi. MIDN ID secara global menempati urutan keempat sebagai produsen bijih nikel terbesar di dunia, urutan pertama pemilik tambang emas terbesar, pemain tambang tembaga ketiga di dunia, dan produsen timah terbesar kedua di dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...