Jokowi Sebut Studi Awal Kereta Cepat ke Surabaya Rampung 2 Pekan Lagi

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Oktober 2023, 16:44
jokowi, kereta cepat, surabaya
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Kereta Cepat Jakarta-Bandung parkir usai peresmiannya di Stasiun Padalarang, Jawa Barat, Senin (2/10/2023).

Pemerintah tengah melakukan studi untuk menyambungkan jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hingga wilayah Jawa Timur. Presiden Joko Widodo mengatakan studi awal perpanjangan rute tersebut akan rampung dalam waktu dekat. 

Jokowi mengatakan studi dilakukan oleh pemrakarsa proyek. Nantinya, hasil kajian bakal ditindaklanjuti oleh studi susulan dari pemerintah.

"Kereta cepat dari Bandung ke Surabaya mungkin dalam dua minggu ini studi dari pemrakarsa akan selesai," kata Jokowi kepada wartawan di Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung pada Senin (2/10).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi tak ingin terburu-buru untuk menjelasakan detil perencanaan penyambungan rute KCJB ke Surabaya. "Setelah hitung-hitungan, kalkulasi selesai, baru diputuskan. Tahapannya dari dulu seperti itu," ujar Jokowi.

Jokowi sebelumnya pernah menyampaikan bahwa perpanjangan jalur kereta cepat hingga Surabaya masih dalam tahap studi. Salah satu hal yang ditentukan dalam kajian tersebut adalah penentuan trase jalur kereta cepat.

Adapun sinyal positif lainnya juga digaungkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kemenhub tengah merampungkan proposal perpanjangan trayek KCJB hingga Surabaya. Menurut Budi, perjalanan menuju Surabaya via kereta cepat hanya membutuhkan waktu 3,5 jam.

"Bahwa nanti diputuskan oleh pemerintahan yang akan datang ya monggo, kami sudah meletakan dasar dan rencana ke depan seperti itu," kata Budi saat ditemui di saat ditemui di Stasiun Halim pada Senin (2/10).

Mantan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol itu mengatakan bahwa jarak ideal trayek kereta cepat berada di kisaran 500 kilometer (KM). Adapun jarak Stasiun KJCB Halim, Jakarta Timur menuju Stasiun Surabaya Pasar Turi adalah 777 KM.

"Kereta cepat itu akan lebih bagus kalau jaraknya lebih dari 500 KM. Sehingga menjadi common, menjadi lebih efisien," ujar Budi.

Kemenhub sebelumnya menyiapkan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung diperpanjang hingga Surabaya. Rute kereta cepat tersebut akan melewati Yogyakarta.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...