Top News: TikTok Shop Ditutup, Mentan Syahrul Yasin Menghilang

Aryo Widhy Wicaksono
4 Oktober 2023, 05:50
Sejumlah pedagang Pasar Tanah Abang menuntut pemerintah menutup TikTok Shop lantaran menggerus daya saing mereka.
Katadata
Sejumlah pedagang Pasar Tanah Abang menuntut pemerintah menutup TikTok Shop lantaran menggerus daya saing mereka.

Pemerintah memberikan batas waktu satu minggu kepada TikTok Shop untuk memisahkan diri dari platform TikTok sebagai media sosial. Tenggat satu minggu tersebut terhitung sejak Rabu (27/9) pekan lalu.

Permintaan Kementerian Perdagangan (Kemendag) ini mengacu pada amanat Pada Pasal 21 ayat 2 Peraturan Menteri Perdagangan atau Permendag Nomor 31 tahun 2023.

Pasal tersebut mensyaratkan Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) dengan model bisnis lokapasar atau social commerce, dilarang bertindak sebagai produsen. Hal ini sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang distribusi barang.

Potensi TikTok Shop untuk ditutup menjadi salah satu artikel terpopuler atau Top Stories Katadata.co.id. Selain persoalan TikTok Shop, simak juga bagaimana Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghilang, serta GOTO yang berhasil meraih dana Rp 2,3 triliun hasil private placement dan obligasi.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. TikTok Shop Resmi Tutup Besok Sore

TikTok Shop akan tutup mulai besok (4/10) Pukul 17.00 WIB. TikTok diberi waktu seminggu untuk memisahkan media sosial san e-commerce.

"Prioritas utama kami yakni menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia," kata TikTok dalam laman resmi, Selasa (3/10).

"Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per 4 Oktober, pukul 17.00 WIB," TikTok menambahkan.

Perusahaan asal Cina itu juga akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana ke depan.

2. Terancam Ditutup Besok, TikTok Sudah Buat Aplikasi TikTok Shop?

Kementerian Perdagangan atau Kemendag memberikan waktu seminggu sejak Rabu (27/9) kepada TikTok untuk memisahkan TikTok Shop dari platform. Apakah aplikasi TikTok Shop sudah tersedia?

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, fitur TikTok Shop masih tersedia di aplikasi TikTok. Beberapa penjual juga masih melakukan siaran langsung atau live streaming.

Aplikasi TikTok Shop belum terdaftar dalam daftar Penyelenggara Sistem Elektronik atau PSE Lingkup Privat Kementerian Komunikasi dan Informatika alias Kominfo. Yang tercatat yakni sebagai fitur TikTok Shop di aplikasi TikTok di lis PSE Asing per 24 Mei 2022. Sementara di daftar PSE domestik tidak ada TikTok Shop.

3. Mentan Syahrul Yasin Hilang Kontak di Eropa Usai KPK Geledah Rumahnya

Kementerian Pertanian dikabarkan kehilangan kontak dengan Menteri Pertaninan atau Mentan Syahrul Yasin Limpo saat tengah menjalani kunjungan kerja ke Spanyol Eropa. Kabar itu dibenarkan oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...