Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Sudah Masuk Perencanaan Kemenhub

Lavinda
Oleh Lavinda
8 Oktober 2023, 17:07
kereta cepat
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Kereta Cepat Jakarta-Bandung parkir usai peresmiannya di Stasiun Padalarang, Jawa Barat, Senin (2/10/2023).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Kereta Cepat rute Jakarta-Surabaya sudah masuk cetak biru perencanaan Kementerian Perhubungan.

Budi Karya mengatakan, sebelum rencana Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, pihaknya telah diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuat cetak biru rancangan proyek tersebut.

"Kami diperintahkan untuk membuat blue print dari Bandung sampai ke Surabaya. Tentu apa yang kami buat adalah satu konsep yang meneruskan apa yang sudah kami letakkan pada dasar transformasi dari kereta cepat," kata Budi saat kegiatan di Surabaya, seperti dikutip Antara pada Minggu (8/10).

Ia mengklaim pemerintah telah membuktikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa terealisasi. Untuk itu, pihaknya membuat rancangan dengan variabel-variabel tertentu yang membuat kereta api lebih efisien ke depannya.

"Bayangkan Jakarta-Surabaya 3,5 jam," ujarnya.

Menurut dia, variabel perhitungan itu salah satunya terkait dengan biaya. Perhitungan biaya memperhatikan jalur mana saja yang akan dilalui oleh kereta cepat tersebut.

"Pemilihan jalur itu mempengaruhi. Terus cara, terus daya beli masyarakat, ini dihitung sebagai suatu optimalisasi," ujarnya.

Kendati demikian, Budi Karya menegaskan keberadaan kereta cepat bukan semata-mata untuk komersial, melainkan ada tanggung jawab bersama baik pihak swasta atau pemerintah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...