Pemerintah Indonesia Beri Komitmen US$ 5 Juta untuk Dukung AIS Forum

Image title
Oleh Antara
9 Oktober 2023, 17:04
Seorang pria berjalan melintasi monitor yang menampilkan ekosistem laut di lokasi KTT AIS Forum 2023, Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Senin (9/10/2023).
ANTARA FOTO/Media Center AIS Forum 2023/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Seorang pria berjalan melintasi monitor yang menampilkan ekosistem laut di lokasi KTT AIS Forum 2023, Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Senin (9/10/2023).

Pemerintah Indonesia mendukung eksistensi Forum Negara Pulau dan Kepulauan alias AIS Forum melalui komitmen pendanaan sebesar US$ 5 juta dolar AS. Dana ini untuk aksi nyata dalam pembangunan berkelanjutan. 

“Komitmen pendanaannya dari 2022 sampai 2025,” kata Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Jodi Mahardi di sela Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT AIS Forum 2023 di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (9/10).

Komitmen pendanaan dalam forum tersebut baru datang dari Indonesia. Harapannya, negara atau organisasi internasional lainnya akan mengikuti. 

Peningkatan komitmen pendanaan terhadap AIS Forum, menurut Jodi, akan memberikan dampak positif. Khususnya bagi kepemimpinan Indonesia di kawasan dan di negara pulau dan kepulauan.

“Tentunya harapan kami menjadi sebuah terobosan bagi diplomasi ekonomi biru di tingkat global,” katanya.

AIS Forum lahir berdasarkan Deklarasi Manado pada 1 November 2018 dalam Pertemuan Tingkat Menteri AIS Forum. Sejak itu, Indonesia telah berkontribusi dalam hal pendirian Sekretariat AIS dan pengembangan program.

Pada 2019 Indonesia menyalurkan kontribusi sebesar US$ 1 juta untuk mendirikan sekretariat tersebut, implementasi kerja sama, dan memperkuat kolaborasi antarnegara. “Kami buat platform berbagi pengetahuan, lokakarya,” ucap Jodi.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...