Demokrat Ungkap 4 Kandidat Kuat Cawapres Pendamping Prabowo di Pilpres

Ade Rosman
9 Oktober 2023, 18:42
Demokrat
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Presiden ke-6 RI sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) bernyanyi bersama Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ketiga kanan), Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kanan), Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) saat rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Demokrat terkait arah dukungan capres 2024 di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengaku telah mendengar empat kandidat calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Herzaky mengungkapkan, empat nama yang menguat yakni Airlangga Hartarto yang diusung oleh Partai Golkar, Erick Thohir yang diusung oleh Partai Amanat Nasional, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Kami juga mendengar Bapak Prabowo Subianto akan meminta sekaligus mendengarkan pandangan dari pimpinan tiap-tiap parpol anggota Koalisi Indonesia Maju sebelum beliau memutuskan siapa Cawapres yang akan dipilih," kata Herzaky dalam keterangan resmi, Senin (9/10).

Saat ini, Prabowo telah disokong dukungan dari Koalisi Indonesia Maju dalam menghadapi kontestasi Pilpres 2024. Koalisi tersebut disebut gemuk lantaran diisi Partai Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional, Demokrat, Partai Bulan Bintang, Garuda dan Gelora. 

Herzaky mengatakan, Demokrat sebagai rekan di Koalisi Indonesia Maju akan memberikan pertimbangan serta masukan ketika nanti dimintai pendapat. Namun, tambah Herzaky, Prabowo menjadi sosok penentu yang akan memutuskan siapa cawapresnya nanti.

"Harapan kami, cawapres yang dipilih oleh Bapak Prabowo Subianto adalah orang yang tepat, dan membawa kemenangan bagi Koalisi Indonesia Maju," kata Herzaky.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan Prabowo akan mengajukan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan juga kandidat lainnya untuk dibahas bersama rekan di Koalisi Indonesia Maju.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...