Ingin Berburu Beasiswa ke Hungaria, Begini Caranya

Hari Widowati
11 Oktober 2023, 07:33
Stipendium Hungaricum merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh Pemerintah Hungaria sejak 2013.
Freepik
Stipendium Hungaricum merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh Pemerintah Hungaria sejak 2013.

Kedutaan Besar Hungaria di Jakarta membuka peluang bagi para pelajar Indonesia yang ingin mendapatkan beasiswa ke Eropa, khususnya ke negara tersebut.

Sabtu (14/10) mendatang, Kedutaan Besar Hungaria akan menyelenggarakan "Hungary Welcomes the World: Stipendium Hungaricum Scholarship and Career Expo" di Perpustakaan Umum Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Jakarta. Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay mengatakan acara ini menjanjikan berbagai peluang bagi pelajar Indonesia yang ingin memperluas wawasannya melalui pendidikan internasional.

"Pameran ini merupakan kesempatan emas bagi para pelajar Indonesia yang tertarik belajar di Eropa, terutama di Hungaria. Ini merupakan peluang untuk mengeksplor peluang-peluang pendidikan, meningkatkan prospek karier, dan larut dalam kebudayaan Hungaria," kata Lilla Karsay dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (11/10).

Stipendium Hungaricum merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh Pemerintah Hungaria sejak 2013 dan berada di bawah pengawasan Kementerian Urusan Luar Negeri dan Perdagangan, serta dikelola oleh Tempus Public Foundation.

Beasiswa ini berdasarkan kesepakatan antara Hungaria dan negara-negara yang mengirimkan siswanya. Beasiswa ini diberikan kepada para pelajar di lima benua, mencakup 90 negara, dan telah menarik puluhan ribu pelajar internasional setiap tahun. Ada 1.200 program S1 hingga S3 yang ditawarkan oleh beasiswa ini.

Apa saja kegiatan yang bisa ditemui dalam pameran tersebut? Berikut ini rinciannya:
1. Inagurasi "Hungarian Book Corner'
Pameran ini dibuka dengan inagurasi 'Hungarian Book Corner' di Perpustakaan Umum Taman Literasi Martha Christina Tiahahu. Inisiatif ini bertujuan untuk memperkuat pertukaran kebudayaan melalui buku-buku sastra Hungaria, politik, dan biografi.

2. Sambutan dari sejumlah pembicara, termasuk Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Asisten Sekretaris Daerah untuk Kesejahteraan Rakyat DKI Jakarta Widyastuti, dan Ikatan Alumni Hongaria Putra Hutama.

3. Dalam pameran ini, para pengunjung bisa mendapatkan informasi mengenai program-program beasiswa Stipendium Hungaricum (SH) dan program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) maupun program beasiswa ISMAVO.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...