Jokowi Ajak Kerja Sama Atasi Tantangan Negara Kepulauan di AIS Forum

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Oktober 2023, 10:54
Presiden Joko Widodo membuka Konferensi Tingkat Tinggi AIS Forum 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (11/10/2023).
ANTARA FOTO/MEDIA CENTER KTT AIS 2023/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.
Presiden Joko Widodo membuka Konferensi Tingkat Tinggi AIS Forum 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (11/10/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island State (AIS) Forum 2023 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Dalam sambutannya, Jokowi menyoroti tiga ancaman krusial yang perlu dihadapi dengan kerja sama antar negara kepulauan.

Tiga tantangan tersebut yakni fenomena kenaikan permukaan laut, tata kelola sumber daya laut dan pencemaran laut. Jokowi mendorong 51 anggota negara kepulauan dan negara pulau untuk aktif dalam upaya kolaborasi yang menghasilkan langkah strategis, konkret dan taktis dalam penyelesaian masalah bersama.

“Indonesia ingin mengajak seluruh negara yang hadir, marilah kita tetap memilih untuk terus menjalin kesatuan dan terus menjalin kolaborasi, walaupun di tengah kondisi dunia yang terbelah. Let us walk, and walk together (Mari kita berjalan bersama)," kata Jokowi saat membuka KTT AIS Forum di Nusa Dua, Bali, pada Rabu (11/10).

Presiden menekankan Indonesia konsisten menyuarakan kepentingan negara-negara kepulauan dan berkembang dalam berbagai forum internasional, dengan melibatkan negara-negara itu dalam KTT G20 tahun lalu, KTT ASEAN dan KTT AIS Forum tahun ini.

"Indonesia juga berkomitmen menyiapkan dana hibah untuk dimanfaatkan bagi kepentingan negara kepulauan dan negara berkembang," kata Jokowi.

Pemerintah sebelumnya mengumumkan berkomitmen memberikan pendanaan sebesar US$ 5 juta selama 2022-2025 untuk mendukung eksistensi AIS Forum sebagai kontribusi nyata bagi pembangunan berkelanjutan.

Jokowi mengingatkan, di tengah kondisi dunia yang dipenuhi persaingan, konflik, dan menurunnya kepercayaan, maka persatuan dan kerja sama di antara negara pulau dan kepulauan menjadi hal yang penting.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...