Top News: Dilusi Kepemilikan Saham GOTO, 6.000 Bom Israel Serang Gaza

Aryo Widhy Wicaksono
14 Oktober 2023, 05:50
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk
Dokumentasi GOTO
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk

Komposisi saham Alibaba dan SoftBank pada PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), mengalami perubahan atau dilusi setelah masuk investor baru. Perubahan ini terjadi karena perusahaan gabungan Gojek dan Tokopedia ini mengeluarkan 17 miliar saham baru Seri A, yang dibeli Bhinneka Holdings.

Melalui penerbitan saham baru tersebut, GOTO akan memperoleh dana sebesar Rp 1,5 triliun.
Rencananya GOTO akan menggunakan dana tersebut untuk pelunasan melalui konversi atas utang perseroan. Selain itu, untuk modal kerja entitas perusahaan.

Perubahan kepemilikan saham Alibaba dan Softbank menjadi salah satu artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id pada Jumat (13/10).

Selain itu, simak juga bagaimana Israel semakin gencar menyerang kawasan Palestina, serta wacana pemerintah melarang e-commerce menjual barang di bawah harga pokok penjualan.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Kepemilikan Alibaba dan Softbank Terdilusi usai GOTO Private Placement

Kepemilikan saham Alibaba dan SoftBank di perusahaan teknologi, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengalami dilusi setelah masuknya investor baru dengan skema penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu atau private placement.

Perusahaan gabungan Gojek dan Tokopedia ini menerbitkan 17 miliar saham baru Seri A yang diserap Bhinneka Holdings dengan harga pelaksanaan Rp 90 per unit.

Saham baru dalam rangka private placement ini telah dilaksanakan pada 10 Oktober 2023. Secara rinci, setelah aksi korporasi itu, kepemilikan saham Alibaba di GOTO melalui Taobao China Holding Limited atau setara 8,84% berkurang menjadi sebesar 104.731.124.993 saham atau sekitar 8,72%.

Sedangkan, porsi saham SoftBank di saham GOTO juga menyusut dari sebelumnya 7,73% menjadi sebesar 91.559.809.028 saham atau 7,62%.

2. Israel Lontarkan 6.000 Bom ke Gaza, Serangan Terdahsyat dalam 75 Tahun

Militer Israel mengatakan telah menjatuhkan 6.000 bom di Gaza dan mengenai 3.600 sasaran. Konflik Israel - Palestina terus berlanjut dan menyebabkan korban terus bertambah.

Berdasarkan data yang dikutip dari Al Jazeera, sebanyak 1.300 warga Israel tewas dan 3.200 lainnya terluka akibat serangan Hamas yang dimulai Sabtu (7/10).

Di sisi lain, sebanyak 1.537 orang Palestina tewas dan lebih dari 6.612 orang terluka akibat serangan Israel di jalur Gaza.

Sementara itu, Reuters melaporkan bahwa Israel telah mengepung Gaza dengan pengeboman paling dahsyat selama 75 tahun. Gaza diketahui merupakan rumah bagi 2,3 juta warga Palestina.

Simak dampak dari serangan Israel lontarkan 6.000 bom ke Gaza.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...