Firli Bahuri Mangkir dari Pemeriksaan Dugaan Pemerasan SYL di Polda

Ade Rosman
20 Oktober 2023, 12:24
Firli Bahuri
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Pengunjuk rasa dari Front Indonesia Timur Bersatu berunjuk rasa di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tak dapat memenuhi panggilan Polda Metro Jaya yang dijadwalkan berlangsung hari ini. Firli dipanggil dalam kapasitas sebagai saksi untuk pengusutan dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

"Mengingat pada waktu dan tanggal tersebut terdapat kegiatan yang telah teragenda sebelumnya, maka Ketua KPK belum dapat menghadiri panggilan dimaksud," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam keterangan yang dikutip Jumat (20/10).

Di sisi lain, Nurul mengatakan KPK menghormati proses hukum yang tengah bergulir di Polda Metro Jaya. Ia menjelaskan Pimpinan KPK telah mengkonfirmasi dengan berkirim surat untuk meminta waktu penjadwalan ulang dengan tembusan Kapolri dan Menkopolhukam

"Di samping itu tentunya diperlukan waktu yang cukup bagi Ketua KPK untuk mempelajari materi pemeriksaan, mengingat panggilan baru diterima oleh Ketua KPK pada tanggal 19 Oktober 2023," kata Nurul.

Nurul menegaskan, proses tersebut tak akan mengganggu maupun menghambat proses hukum tindak pidana korupsi yang sedang dilakukan oleh KPK. Termasuk dugaan perkara korupsi di Kementerian Pertanian yang menyeret Syahrul sebagai tersangka sejak 13 Oktober 2023 lalu. 

Sebelumnya, Polda Metro Jaya akan memeriksa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri sebagai saksi terkait dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak mengatakan, tim penyidik telah mengirimkan surat panggilan untuk Firli dalam kapasitasnya sebagai saksi.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...