PAN Sebut Koalisi Deklarasikan Cawapres Prabowo dalam 1 atau 2 Hari

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Oktober 2023, 13:54
prabowo, pan, cawapres
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kempat kiri) bersama ketua umum dari Koalisi Indonesia Maju.

Koalisi Indonesa Maju (KIM) berencana untuk mendeklarasikan bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto paling lambat dalam dua hari ke depan atau akhir pekan ini. Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno, mengatakan KIM akan melaksanakan rapat internal.

Rapat tersebut merupakan tindaklanjut pertemuan sebelumnya yang menyepakati empat nama kandidat cawapres Prabowo pekan lalu. Dalam pertemuan nanti, akan hadir ketua umum parpol yang tergabung dalam KIM.

"Mungkin dalam 1-2 hari ini  kami putuskan, deklarasikan dan akan antar capres-cawapres kam ke Komisi Pemilihan Umum (KPU),” kata Eddy lewat pesan suara kepada Katadata.co.id pada Jumat (20/10).

Kendati demikian, Eddy belum memberi kepastian terkait pelaksanaan rapat para ketua umum partai anggota KIM. “Pastinya saya tidak bisa beri jawaban, tetapi sangat segera,” ujar Eddy.

Informasi awal, Koalisi Indonesia Maju berencana mengadakan rapat penentuan calon wakil presiden pada Jumat (20/10). Terkait rapat penentuan itu, Menteri Negara BUMN Erick Thohir pun mempercepat kepulangannya ke Tanah Air.

Rencananya, Erick mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kenegaraan ke Cina dan Arab Saudi hingga 22 Oktober mendatang. Namun, karena KIM hendak menentukan cawapres, Erick bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali ke Indonesia lebih awal.

Mereka kemungkinan akan tiba di Tanah Air pada Jumat (20/10). "Sinyal posisi Erick (sebagai bakal cawapres) makin menguat," kata sumber Katadata.co.id di tim koalisi, Kamis (19/10).

Indonesia bersiap menggelar Piala Dunia U-17
Indonesia bersiap menggelar Piala Dunia U-17 (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU)

Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga mengonfirmasikan rencana kepulangan Erick Thohir dan Zulhas. "Iya," kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (19/10). Namun, Viva enggan menjelaskan keterkaitan kehadiran Erick dengan pemilihan cawapres. S

inyal Erick akan menjadi pendamping Prabowo menguat seiring kabar terancam kandasnya rencana Prabowo dan KIM menggaet Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapresnya.

Sumber Katadata.co.id yang mengetahui proses tersebut mengabarkan kans Gibran menjadi cawapres hampir tertutup karena PDI Perjuangan mempertahankannya dan mendorong putra sulung Presiden Joko Widodo itu di Tim Pemenangan Nasional pasangan capres cawapres Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Hal serupa juga disampaikan oleh Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani. Muzani mengatakan nama cawapres pendamping Prabowo akan diumumkan dalam hitungan jam setelah rapat.

“Mudah-mudahan bukan sehari dua hari, jam lah. Mudah-mudahan,” kata Sekjen Gerindra di sekitar kediaman Prabowo, Jakarta, Rabu (18/10) malam.


Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...