Prabowo Sebut Keputusan Cawapresnya Menunggu Hasil Rapimnas Golkar

Ade Rosman
20 Oktober 2023, 15:41
prabowo, cawapres, golkar
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Bakal calon presiden Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) menyapa wartawan saat perayaan ulang tahunnya ke-72 di, Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Bakal calon presiden Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto akan mendaftar secara resmi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pekan depan. Prabowo mengatakan pendaftaran dan deklarasi calon wakil presiden akan menunggu Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar terlebih dulu.

"Ya kita lihat perkembangan. Besok ada Rapimnas Golkar, kita tunggu perkembangan," katanya di DPP Partai Golkar, Aggrek Neli Murni, Jakarta Barat, Jumat (20/10).

Meski demikian, Prabowo tak memerincikan kapan waktu pendaftaran bersama cawapresnya. Ia hanya memberikan petunjuk bahwa hal tersebut akan dilakukan pekan depan. 

"Bukan hari Minggu, (tapi) minggu depan," kata Prabowo.

Sedagkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pada Rapimnas yang digelar besok akan membahas mengenai cawapres pendamping Pak Prabowo.

"Rapimnas besok itu membahas capres cawapres yang didukung Golkar," katanya.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan Koalisi Indonesa Maju (KIM) berencana untuk mendeklarasikan bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto paling lambat dalam dua hari ke depan atau akhir pekan ini.

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno, mengatakan KIM akan melaksanakan rapat internal. Rapat tersebut merupakan tindaklanjut pertemuan sebelumnya yang menyepakati empat nama kandidat cawapres Prabowo akhir pekan lalu. 

Dalam pertemuan nanti, akan hadir ketua umum parpol yang tergabung dalam KIM. "Mungkin dalam 1-2 hari ini  kami putuskan, deklarasikan dan akan antar capres-cawapres kam ke Komisi Pemilihan Umum (KPU),” kata Eddy lewat pesan suara kepada Katadata.co.id pada Jumat (20/10).

Sedangkan nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dikabarkan menguat sebagai cawapres Prabowo. Sinyal Erick akan menjadi pendamping Prabowo menguat seiring kabar terancam kandasnya rencana Prabowo dan KIM menggaet Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapresnya.


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...