PNS WFO Mulai Hari Ini, Kualitas Udara Jakarta Terburuk Ketiga Dunia

Nadya Zahira
23 Oktober 2023, 09:20
kualitas udara jakarta, jakarta,
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Kendaraan melintas kawasan Bundaran HI dengan latar belakang langit biru di Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Kualitas udara Jakarta terburuk ketiga di dunia pada Senin pagi (23/10). Sementara itu, aparatur sipil negara atau ASN termasuk PNS DKI Jakarta mulai bekerja di kantor alias work from office (WFO) hari ini (23/10).

Indeks kualitas udara ibu kota pagi ini 183 atau kategori ‘merah’ yang berarti kualitas udara tidak sehat.

Peringkat tersebut berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir. Kualitas udara Jakarta, Indonesia berada di bawah Delhi, India dan Lahore, Pakistan.

IQAir menunjukkan konsentrasi PM2.5 di Jakarta pada pukul 07.30 WIB. Angkanya satu kali di atas nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

PM2.5 atau particulate matter 2.5 adalah partikel udara yang berdiameter lebih kecil dari atau sama dengan 2,5 µm atau mikrometer.

Partikel itu memiliki risiko kesehatan paling besar di antara pengukuran polusi udara lainnya. PM2.5 dapat bersumber dari asap kendaraan bermotor, hasil pembakaran pembangkit listrik, proses industri, asap pembakaran, asap rokok.

PM2.5 juga dapat terbentuk dari reaksi kimia polutan di udara atau atmosfer, di antaranya sulfur dioksida, nitrogen oksida, ammonia, black carbon, debu mineral, yang bereaksi dengan air dan materi organik lainnya.

Sementara itu, suhu udara di Jakarta pagi ini 27 derajat celcius dengan kelembaban 84%. Gerak angin sembilan kilometer per jam, dan tekanan udara 1013 milibar atau mb.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga menyebutkan, kualitas udara ibu kota masuk kategori tidak sehat sejak Minggu (22/10) pukul 15.00 WIB hingga Senin pukul 06.00 WIB.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...