Jadi Mentan Lagi, Amran Optimistis Mampu Hadapi Dampak El Nino

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Oktober 2023, 12:26
el nino, amran sulaiman, mentan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan ucapan selamat kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kiri) usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman telah kembali dilantik sebagai Menteri Pertanian. Usai dilantik, ia optimistis Indonesia mampu bertahan melewati siklus cuaca kering El Nino yang berdampak pada ketahanan pangan.

Amran menceritakan kinerja dirinya saat menjabat sebagai Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Jilid 1 periode 2014-2019. Ia  mengklaim mampu menekan dampak El Nino dalam waktu enam bulan.

"Pengalaman 2015 lalu, ada El Nino juga, tapi pemerintah mampu lewati dengan baik," kata Amran kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta usai dilantik menjadi Menteri Pertanian pada Rabu (25/10).

Mengutip laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dampak musim kemarau di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara pada 2015 lalu memicu defisit air sekitar 20 miliar meter kubik. El Nino juga menyulut kekeringan di 16 provinsi, meliputi 102 kabupaten/kota dan 721 kecamatan di Indonesia hingga akhir Juli 2015.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...