Jokowi Lantik Tiga Pejabat Baru Hari Ini, Amran Sulaiman jadi Mentan

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Oktober 2023, 08:47
Jokowi
ANTARA FOTO/Irfan Anshori
Andi Amran Sulaiman (Kanan) didampingi Bupati Blitar Rijanto (Dua Kanan) melihat hasil produksi gula putih siap edar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik tiga pejabat di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (25/10). Sesuai jadwal dari sekretariat presiden, pelantikan akan dimulai pukul 09.00 WIB. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan ada tiga posisi yang akan diisi oleh pejabat baru. 

"Pagi ini, Bapak Presiden akan melantik Menteri Pertanian untuk sisa masa jabatan 2019-2024, Kepala Staf Angkatan Darat dan Duta Besar RI untuk Republik Argentina," kata Ari kepada wartawan pada Rabu (25/10). 

Sejumlah nama-nama telah didapuk untuk mengisi pos jabatan di Kabinet Indonesia Maju. Mereka adalah Amran Sulaiman yang akan mengisi pos Menteri Pertanian. Amran merupakan Menteri Pertanian pada 2014 hingga 2019.

Selanjutnya, posisi Kepala Staf Angkatan Darat akan diisi oleh Letjen (TNI) Agus Subiyanto. Agus menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang kabarnya bakal ditunjuk sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Budi Gunawan. Dudung diganti karena akan memasuki masa pensiun. 

Pelantikan Agus Subiyanto dikonfirmasi oleh Dudung Abdurachman yang tiba di Istana Merdeka pada 08.17. Dudung mengatakan serah terima jabatan (Sertijab) Agus Subiyanto dilaksanakan pada Jumat (27/10) mendatang. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...