Survei Kurious Soal Prediksi Pemenang Pilpres: Ganjar 42%, Prabowo 31%

Ameidyo Daud Nasution
26 Oktober 2023, 15:58
survei, ganjar, prabowo
ANTARA FOTO/Fauzan/nz
Bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai meninjau Media Center Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden di Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Kurious meluncurkan hasil survei soal isu politik terkini. Dari hasil penjaringan opini, Ganjar Pranowo-Mahfud MD merupakan calon presiden dan wakil presiden yang diprediksi memenangi Pemilihan Presiden 2024.

Pasangan ini dipilih oleh 42,4% responden. Angka ini mengungguli Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang dipilih 31,4% responden.

Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi ketiga. Sebanyak 26,2% responden memilih duet yang didukung Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Dalam survei yang sama, pandangan masyarakat relatif terbelah atas kecocokan Prabowo dan Gibran. Sebanyak 51,3% responden menganggap keduanya tak cocok berpasangan. Sedangkan 48,5% beranggapan Prabowo dan Gibran tak cocok.

Pemeriksaan kesehatan Prabowo - Gibran
Pemeriksaan kesehatan Prabowo - Gibran (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.)

Kurious adalah panel survei online yang dikelola oleh Katadata Insight Center (KIC). Survei dilakukan kepada 828 responden dengan metode Computer Assisted Web Interview (CAWI).

Dari daerah responden, Jawa non DKI Jakarta menjadi penyumbang dengan porsi 62,1%. Di bawahnya adalah DKI dengan porsi 14,6% dan Sumatra sebesar 13,3%.

Sedangkan dari kelompok usia, responden berumur 25-34 tahun memiliki porsi paling besar yakni 39,1%. Di bawahnya adalah mereka yang berusia 35-44 tahun sebesar 28,2%.

Survei yang dilakukan pada 20 Oktober hingga 23 Oktober 2023 ini memiliki margin of error 3,41% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...