Erick Thohir Tidak Akan Cari Wamen BUMN Baru usai Mundurnya Rosan

Syahrizal Sidik
29 Oktober 2023, 12:21
Erick Thohir Tegaskan Tidak Perlu Wamen Tambah Usai Mundurnya Rosan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menegaskan saat ini Kementerian BUMN tidak akan memiliki wakil menteri baru seusai pengunduran diri Rosan P. Roeslani dari jabatannya.
 
Menurut Erick, setelah melakukan diskusi dengan Presiden Jokowi, saat ini posisi wakil menteri BUMN cukup diisi oleh satu orang saja yakni Kartika Wirjoatmodjo. 
 
"Kebetulan kemarin beliau (Kartika) lagi tour of duty. Jadi cukup satu saya juga nggak ke mana-mana. Kita fokus dengan pekerjaan yang ada," kata Erick Thohir, seperti dikutip dari Antara, Minggu (29/10).
 
Dia juga turut menghormati keputusan Rosan yang mengundurkan diri dari jabatan wakil menteri BUMN  lantaran ditunjuk menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju (KIM).
 
"Saya hormati keputusan pak Rosan, dan saya sudah diskusi internal di kementerian," kata Erick.
 
Kementerian Sekretariat Negara sebelumnya telah menerima surat pengunduran diri dari Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani pada 24 Oktober 2023. Merespons permohonan tersebut, Presiden mengabulkan dengan mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) pada 25 Oktober 2023 yang menyatakan Rosan diberhentikan secara hormat.
 
Rosan diketahui telah dipilih sebagai Ketua Tim Kampanye KIM yang mengusung pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden ​​​​Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Hal ini diumumkan Prabowo dalam acara deklarasi di Indonesia Arena Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Rabu (25/10)
 
Sebelum mengundurkan diri, Rosan dilantik sebagai Wamen BUMN oleh Presiden Jokowi untuk menggantikan Pahala Mansury yang ditetapkan menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) pada 17 Juli 2023.
 
Selain jabatan di Kementerian BUMN, Rosan juga mengundurkan diri dari posisi Komisaris PT Pertamina (Persero). Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan bahwa Rosan telah mengirimkan surat pengajuan undur diri pada Rabu (25/10) pagi.
 
"Beliau sudah ajukan surat pengunduran diri sebagai Wakomut Pertamina, kemarin pagi terima suratnya," kata Ahok, lewat pesan singkat WhatsApp pada Kamis (26/10).

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...